studi kasus motivasi belajar siswa sebagai anak buruh migran di smpn1 bandung tulungagung / reiska yunita dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

studi kasus motivasi belajar siswa sebagai anak buruh migran di smpn1 bandung tulungagung / reiska yunita dewi

Dewi, Reiska Yunita Dewi (2021) studi kasus motivasi belajar siswa sebagai anak buruh migran di smpn1 bandung tulungagung / reiska yunita dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar diartikan sebagai suatu dorongan atau daya penggerak dari dalam diri individu yang memberikan arah dan semangat pada kegiatan belajar sehingga dapat mencapai tujuan yang dikehendaki. Peran motivasi bagi siswa dalam belajar sangat penting. Namun demikian setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda sesuai dengan kepribadian siswa maupun latarbelakang siswa. Seperti halnya motivasi belajar siswa anak buruh migran yang berbeda dari siswa bukan anak buruh migran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Subjek yang diteliti yaitu siswa anak buruh migran kelas VIII-D yang berjumlah 4 orang mengerti bahwa peneliti sedang melakukan penelitian terhadap mereka melalui wawancara dengan teknik sampling snowball yang diibaratkan mendapatkan informasi secara terus menerus dan baru akan berhenti saat data telah jenuh. Selain itu teknik wawancara yang digunakan peneliti adalah wawancara secara mendalam (in depth interiview). Selanjutnya analisis data menggunakan cara data reduction data display dan conclusion drawing/verification. Sedangkan untuk uji keabsaan data menggunakan Uji credibility (validitas internal). Hasil penelitian menunjukkan para siswa anak buruh migran memiliki perilaku belajar yang bervariasi siswa anak buruh migran juga harus mahir dalam membagi waktu antara belajar dan melakukan aktivitas rumah karena sebagian dari mereka menggantikan peran anggota keluarga di rumah. Selain itu kehadiran orangtua saat anak belajar memiliki dampak bahkan penerimaan yang berbeda-beda dan juga anak buruh migran menempatkan keluarga sebagai faktor utama motivasi dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian di harapkan peneliti selanjutnya saat melakukan penelitian dapat melibatkan lebih banyak subyek seperti orang tua anak buruh migran agar penggalian informasi bisa lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148193

Actions (login required)

View Item View Item