pengembangan modul interaktif berbasis adobe animate cc tentang pendudukan jepang di indonesia untuk pembelajaran sejarah siswa kelas xi sman 5 malang / muhammad nabawi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan modul interaktif berbasis adobe animate cc tentang pendudukan jepang di indonesia untuk pembelajaran sejarah siswa kelas xi sman 5 malang / muhammad nabawi

Nabawi, Muhammad Nabawi (2021) pengembangan modul interaktif berbasis adobe animate cc tentang pendudukan jepang di indonesia untuk pembelajaran sejarah siswa kelas xi sman 5 malang / muhammad nabawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Sejarah di kelas mayoritas terfokus pada bahan ajar berupa buku cetak sedikitnya sumber ajar yang dapat digunakan atau dijangkau sumber informasi di internet yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kevalidan data dan kurang inovasi terhadap bahan ajar. Melihat kondisi siswa yang sangat akrab dengan smartphone dan untuk mencari solusi alternatif mengenai permasalahan sumber belajar siswa selain buku cetak. Salah satu solusi yakni memanfaatkan semaksimal mungkin kegunaan smartphone yang telah akrab di kalangan siswa untuk penyelesaian masalah berupa kurangnya inovasi serta sedikit sumber ajar yang dapat digunakan siswa dan pendidik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul Interaktif berbasis Adobe Animate CC tentang Pendudukan Jepang di Indonesia untuk Pembelajaran Sejarah Siswa kelas XI SMAN 5 Malang. Kemudian diuji coba untuk mengetahui seberapa besar kelayakan serta efektifitas sebagai pilihan alternatif bahan ajar pada materi Kedatangan Jepang di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan berupa pengembangan dari Sugiono yakni (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produk massal. Produk Massal dari pengembangan aplikasi modul interaktif yaitu (1) berisi materi sejarah pendudukan Jepang di Indonesia yang berdasar pada K.D 3.5 (2) memiliki bagian evaluasi dengan 20 butir soal pilihan ganda dan penilaian hasil otomatis (3) pengembangan produk menggunakan software multimedia Adobe Animate CC dari Adobe System (4) produk berupa file dengan format data .apk (5) tidak dilindungi hak cipta sehingga bebas disebarluaskan. Hasil uji validasi modul interaktif yang dikembangkan menunjukkan persentase kelayakan seperti validasi materi memperoleh persentase kevalidan 87 5% termasuk kategori sangat valid dan untuk uji validasi media didapat persentase kevalidan 94 23% termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kelompok kecil dengan 8 responden siswa kelas XI IPS J3 SMA Negeri 5 Malang diperoleh persentase kelayakan produk 93 75% termasuk kategori sangat layak. Hasil uji kelompok besar dengan 28 siswa kelas XI IPS J3 SMA Negeri 5 Malang diperoleh persentase kelayakan produk sebesar 93 6% termasuk kategori sangat layak. Hasil efektivitas produk yakni 1 11 yang nilai efektif ditentukan dari rata-rata nilai kelas dibagi dengan nilai KKM dengan hasil akhir lebih atau sama dengan 1. Disimpulkan bahwa modul interaktif yang dikembangkan valid layak dan efektif dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Diharapkan pengembangan produk modul interaktif ini dapat dikembangkan lebih baik dalam materi yang dikandung variatif dan lebih inovatif untuk peneliti lain dengan jenis penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148145

Actions (login required)

View Item View Item