pemanfaatan monumen trisula di bakung kabupaten blitar sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas x tkj 2 smk negeri 1 bakung / diky febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

pemanfaatan monumen trisula di bakung kabupaten blitar sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas x tkj 2 smk negeri 1 bakung / diky febrianto

Febrianto, Diky Febrianto (2021) pemanfaatan monumen trisula di bakung kabupaten blitar sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas x tkj 2 smk negeri 1 bakung / diky febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febrianto Diky 2021. Pemanfaatan Monumen Trisula Di Bakung Kabupaten Blitar sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Bakung. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. R Reza Hudiyanto S.S. M.Hum (II) Ronal Ridhoi S.Hum M.A. Kata Kunci pemanfaatan Monumen Trisula sumber belajar Penelitian ini didasari oleh perlunya penggunaan sumber belajar inovatif dalam pembelajaran sejarah yang mampu memberikan pengetahuan sejarah yang maksimal kepada siswa. Monumen Trisula merupakan monumen bersejarah dari ABRI KODAM VIII/Brawijaya dalam pelaksanaan Operasi Trisula tahun 1968 yang didirikan di Desa Bakung Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Dalam monumen ini mempunyai potensi sejarah yang mampu untuk menjadi sumber belajar sejarah bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan Monumen Trisula sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Bakung. Hal ini dikarenakan muatan sejarah dari monumen ini relevan dengan materi sejarah siswa dan juga dapat menanamkan pengetahuan sejarah siswa tentang sejarah perjuangan dari bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Monumen Trisula memiliki potensi sejarah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah siswa. Hal ini bisa dilihat dari sejarah pendirian monumen makna sejarah dari struktur bangunan monumen dan adanya relevansi antara materi sejarah yang termuat dalam monumen dengan materi sejarah pada yang diajarkan di kelas. Selain itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan Monumen Trisula sebagai sumber belajar sejarah siswa telah mampu dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan kegiatan siswa dan evaluasi pembelajaran siswa yang telah mencapai kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148118

Actions (login required)

View Item View Item