Arifin, M. Zainul Arifin (2021) pengembangan media komik kertanegara berbasis mangatoon untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas x tkj 1 smk negeri 2 singosari malang / m. zainul arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran sejarah di SMK Negeri 2 Singosari dapat dikatakan masih kurang maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan pada kelas X TKJ 1 banyak ditemukan siswa yang kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah. Penyebab utamanya adalah tidak adanya media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan ditambah lagi banyaknya materi sejarah yang hanya dipelajari oleh siswa di kelas X. Tidak adanya buku paket atau LKS yang dikhususkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan juga menjadi penyebab malasnya siswa dalam mengikuti pelajaran sejarah. Sehingga hal-hal tersebut menimbulkan hasil belajar yang dicapai siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan media komik Kertanegara berbasis MangaToon untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Singosari Malang. Komik ini merupakan media pembelajaran komik yang berada dalam aplikasi atau web MangaToon yang menceritakan perjalanan Kertanegara dalam memimpin Kerajaan Singhasari. Komik Kertanegara ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengembang. Tahap-tahap metode pengembangan tersebut terdiri atas sembilan tahapan berupa (1) analisis kebutuhan (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi dan perbaikan produk (5) uji coba kelompok kecil (6) revisi 1 (7) uji coba kelompok besar (8) revisi 2 dan (9) produksi media pembelajaran. Media ini juga melewati proses uji validitas yang dilakukakan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian uji kepraktisan yang dilakukan dengan pengisian angket oleh 10 siswa pada tahap uji coba kelompok kecil serta proses uji keefektifan dengan cara pemberian soal evaluasi kepada 35 siswa pada tahap uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil dari validasi dan uji coba yang dilakukan oleh penulis diperoleh data sebagai berikut validasi ahli materi 88 63% yang menunjukkan bahwa media sangat valid validasi ahli media juga sangat valid dengan presentase 88 46%. Uji kelayakan atau kepraktisan media dilakukan melalui uji coba kelompok kecil yang memperoleh presentase 93 5% yang menunjukkan bahwa media sangat layak atau sangat praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah. Pada uji keefektifan yang dilakukan melalui uji coba kelompok besar memperoleh nilai 1 24 yang menunjukkan bahwa media sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media ini merupakan media yang memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan atau kelayakan dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148117 |
Actions (login required)
View Item |