Saptiyanto, Aditiya Saptiyanto (2021) pengembangan media utara (ular tangga sejarah) dalam materi peran k.h. abdul wahab hasbullah di bidang pendidikan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas x ips 2 sma pgri 2 jombang / aditiya saptiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Saptiyanto Aditiya. 2021. Pengembangan Media UTARA (Ular Tangga Sejarah) Dalam Materi Peran K.H. Abdul Wahab Hasbullah di Bidang Pendidikan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Jombang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. (II) Lutfiah Ayundasari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran UTARA (Ular Tangga Sejarah) K.H. Abdul Wahab Hasbullah Minat Belajar Alasan pertama pemilihan media pembelajaran ular tangga adalah banyak siswa sudah mengenal dan cara bermain media ular tangga sehingga dapat mempermudah dalam pelaksanaannya. Alasan kedua pemilihan materi peran K.H. Abdul Wahab Hasbullah adalah siswa sudah mengenal K.H. Abdul Wahab Hasbullah. Alasan ketiga pemilihan SMA PGRI 2 Jombang adalah materi lokalitas dari Jombang. Permasalahan pembelajaran pada pelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Jombang secara garis besar adalah minat belajar siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan keingintahuan siswa terhadap sejarah masih rendah. Penelitian ini mengembangkan media UTARA (Ular Tangga Sejarah) dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa media permainan ular tangga yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan yang berisi materi tentang peran K.H. Abdul Wahab Hasbullah di bidang pendidikan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS 2 SMA PGRI 2 Jombang. Berdasarkan kriteria dari Akbar hasil validitas oleh ahli materi diperoleh rata-rata presentase 80% dengan kategori valid oleh ahli media diperoleh rata-rata presentase 88% dengan kategori sangat valid hasil uji coba tahap 1 kelompok kecil kepada pengguna (siswa) diperoleh rata-rata presentase 46% dengan kategori sedang hasil uji coba tahap 2 kelompok kecil kepada pengguna (siswa) diperoleh rata-rata presentase 87%. Berdasarkan presentase tersebut minat siswa meningkat dari kategori sedang menjadi tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148115 |
Actions (login required)
View Item |