pengembangan media interaktif three in one berbasis articulate storyline 3 tentang peran tokoh-tokoh nasional dalam peristiwa sekitar proklamasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi ips 2 sman 1 turen / aprilia ayu pradani - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media interaktif three in one berbasis articulate storyline 3 tentang peran tokoh-tokoh nasional dalam peristiwa sekitar proklamasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi ips 2 sman 1 turen / aprilia ayu pradani

Pradani, Aprilia Ayu Pradani (2021) pengembangan media interaktif three in one berbasis articulate storyline 3 tentang peran tokoh-tokoh nasional dalam peristiwa sekitar proklamasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas xi ips 2 sman 1 turen / aprilia ayu pradani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa dengan guru dan media belajar pada suatu lingkungan agar dapat terjadi proses perolehan ilmu pengetahuan penguasaan serta pembentukan sikap. Namun kenyataan dilapangan siswa terlihat tidak fokus karena kurangnya interaksi dan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut juga peneliti temukan di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Turen. Permasalahan didapati ketika KPL gelombang 2 dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Permasalahan tersebut seperti kurangnya pemanfaatan media dan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media interaktif Three In One Berbasis Articulate Storyline 3 tentang Peran Tokoh-Tokoh Nasional dalam Peristiwa Sekitar Proklamasi serta mengetahui kevalidan kelayakan dan efektifitas media melalui validasi ahli dan uji coba pemakaian. Indikator yang digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media adalah peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian dam pengembangan ini menggunakan metode penelitian yang diadaptasi dari Borg and Gall dalam Sukmadinata. Penelitian dan pengembangan Borg and Gall terdiri dari sepuluh langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji coba Pemakaian (9) Revisi dan Penyempurnaan (10) Diseminasi dan Implementasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan berupa media pembelajaran interaktif bernama ldquo Three In One rdquo Media dapat diakses melalui android secara offline. Media telah disesuaikan dengan KD 3.9 kurikulum 2013 mengenai ldquo Peran Bung Karno dan Bung Hatta Sebagai Proklamator Serta Tokoh-Tokoh Proklamasi Lainnya rdquo . Media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan perolehan nilai oleh ahli materi sebesar 94% dan oleh ahli media sebesar 97%. Sedangkan perolehan nilai uji coba kelompok kecil sebesar 90% dan uji coba kelompok besar sebesar 93 7%. Media pembelajaran Three In One dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari 50 2% dengan kategori rendah menjadi 85 8% dengan kategori tinggi. Berdasarkan paparan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid sangat layak dan sangat efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148113

Actions (login required)

View Item View Item