Pengembangan sumber belajar kasino (kamus sejarah indonesia kuno) berbasis adobe animate cc 2019 sebagai penunjang materi masa hindu-buddha di indonesia kelas x kimia analisis smk negeri 7 malang. / Viara Elwan Elvareta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar kasino (kamus sejarah indonesia kuno) berbasis adobe animate cc 2019 sebagai penunjang materi masa hindu-buddha di indonesia kelas x kimia analisis smk negeri 7 malang. / Viara Elwan Elvareta

Elvareta, Viara Elwan Elvareta (2021) Pengembangan sumber belajar kasino (kamus sejarah indonesia kuno) berbasis adobe animate cc 2019 sebagai penunjang materi masa hindu-buddha di indonesia kelas x kimia analisis smk negeri 7 malang. / Viara Elwan Elvareta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peneliti melihat potensi yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran sejarah kelas X Kimia Analisis di SMK Negeri 7 Malang yaitu adanya peraturan yang memerbolehkan siswa untuk membawa smartphone ke sekolah dan tersedianya wifi di seluruh area sekolah. Permasalahan pertama yang didapati yaitu saat peneliti melakukan pengamatan dalam proses kegiatan pembelajaran sejarah di kelas X Kimia Analisis SMK Negeri 7 Malang pada tanggal 1 November 2019 banyak siswa yang sibuk dengan smartphone-nya. Permasalahan kedua pembelajaran sejarah dianggap kuno dan terlalu banyak materi hafalan oleh peserta didik kelas X Kimia Analisis. Penggunaan sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan zaman kurang dikembangkan dan hanya mengandalkan buku cetak. Tujuan yang diharapkan oleh peneliti dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk sumber belajar Kamus Indonesia Kuno atau Kasino sebagai penunjang materi Pengaruh Agama dan Kebudayaan Hindu- Buddha di Indonesia kelas X jurusan Kimia Analisis (KA) SMK Negeri 7 Malang yang valid dan efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah di dalam kelas maupun secara mandiri dan dapat membantu siswa lebih memahami materi yang disajikan. Karena pada dasarnya pembelajaran sejarah berkesinambungan sehingga ketidakpahaman siswa dalam satu materi akan menyulitkan dalam pembelajaran bab selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model penelitian DDD-E atau Decide Design Develop dan Evaluate yang dikembangkan oleh Ivers dan Baron 2002. Penelitian Kasino telah melalui uji validitas materi oleh ahli materi uji validitas media oleh ahli media uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil dan besar dilakukan secara online karena kondisi pandemi Covid-19. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi yang dibangun dari software Adobe Animate CC 2019. Pengunduhan dan pemasangan aplikasi mobile Kasino ini dapat dilakukan tanpa jaringan internet atau offline. Hasil uji validasi materi menghasilkan persentase sebesar 90% yang artinya produk ini sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Validasi ahli media memeroleh hasil persentase 97 5% dengan kategori sangat valid digunakan di lapangan dengan revisi. Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh hasil persentase 89% hasil ujicoba kelompok besar memperoleh persentase 86%. Uji coba kelompok kecil dan besar masuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa Kamus Sejarah IndonesiaKuno masa Hindu-Buddha atau Kasino sangat valid dan sangat efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah kelas X KA di SMK Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148107

Actions (login required)

View Item View Item