Kurniawan, Retno Kurniawan (2021) Pengembangan modul elektronik pada materi perkembangan agama islam di sumenep melalui kajian masjid jami’ sumenep untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x mipa 1 sman i lenteng sumenep / Retno Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Retno 2021. Pengembangan Modul Elektronik Pada Materi Perkembangan Agama Islam Di Sumenep Melalui Kajian Masjid Jami rsquo Sumenep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMAN I Lenteng Sumenep. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Najib Jauhari. S.Pd M.Hum (II) Lutfiah Ayundasari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan E-modul Sejarah Pemanfaatan bahan ajar yang inovatif dalam pembelajaran sejarah masih kurang dan masih terbilang minim dimanfaatkan. Pada era saat ini bahan ajar atau media pembelajaran haruslah yang inovatif agar dapat menarik minat belajar siswa. Banyak siswa yang telah memiliki dan menggunakan smartphone yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar mandiri siswa. Serta siswa masih banyak yang kurang memahami tentang sejarah lokal yang ada di Sumenep menjadikan kemirisan tersendiri terhadap perkembangan sejarah di Sumenep utamanya. Sehingga bahan ajar e-modul yang kekinian dengan memanfaatkan smartphone sebagai alat belajar dan disertai materi sejarah lokal yakni Masjid Jami rsquo Sumenep dapat menarik siswa lebih senang belajar sejarah dan tidak lupa akan sejarah lokal yang terdapat di daerahnya. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berbasis android. Produk pembelajaran E-Modul sejarah yang dihasilkan dapat menunjang pembelajaran pada matapelajaran sejarah. Selain itu dapat mengetahui efektifitas E-Modul sejarah dalam pembelajaran sejarah. Materi yang dipilih adalah sejarah perkembangan Islam di Sumenep melalui kajian Masjid Jami rsquo Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and development / R amp D) dari model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yaitu (1) Potensi Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Massal. Hasil pengembangan berdasarkan validasi dari para ahli materi dan ahli bahan ajar serta uji coba siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Lenteng Sumenep dengan jumlah siswa 20 siswa. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan nilai 97% (sangat valid) dan nilai dari ahli bahan ajar 97% (sangat valid). Nilai tersebut sudah memenuhi kriteria untuk melanjutkan ke tahap uji coba ke siswa. Hasil uji coba menunjukkan 77 7% (layak) untuk uji coba kelompok kecil dan 81% (sangat layak) untuk uji coba kelompok besar. Nilai tersebut menunjukkan bahwa aplikasi Modul Elektronik sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Untuk nilai efektifitas bahan ajar nilai rata-rata 78 dengan KKM dari materi 75 maka bahan ajar tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran dari peneliti untuk pengembang selanjutnya dapat membuat media E-Modul sejarah lebih interaktif dan dapat menambahkan sumber rujukan untuk memperbaiki materi yang kurang dalam bahan ajar modul elektronik. Produk modul elektronik ini berbasis IT yang dapat diakses menggunakan Smartphone siswa yang dapat mempermudah dalam penggunaannya dalam proses belajar mengajar. Materi yang diterangkan dalam shy shy shy e-modul tersebut lebih kontekstual dengan materi sejarah kedaerahan. Serta terdapat banyak gambar-gambar untuk menunjang pemahaman siswa terutama pada ornamen dan arsitektur yang terdapat di masjid. Sehingga siswa lebih memahami akulturasi budaya yang terdapat di bangunan masjid Jami rsquo Sumenep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148103 |
Actions (login required)
View Item |