pengaruh model project-based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi pada siswa kelas xi man 2 kota kediri / gita nurwahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh model project-based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi pada siswa kelas xi man 2 kota kediri / gita nurwahyuni

Nurwahyuni, Gita Nurwahyuni (2021) pengaruh model project-based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi pada siswa kelas xi man 2 kota kediri / gita nurwahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Project Based Learning digunakan dalam penelitian karena beberapa hal antara lain (1) project-based learning digunakan untuk melatih siswa berpikir kreatif (2) project-based learning salah satu model pembelajaran Kurikulum 2013 (3) project-based learning menjadi salah satu solusi pada kegiatan belajar mengajar secara online. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kebebasan siswa pada pemecahan masalah sehingga dapat menemukan solusi yang dituangkan dalam proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan Video Animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Project Based Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional berupa ceramah. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif berupa soal essay sebanyak 4 butir dengan 2 sampai 3 sub soal. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis penelitian ini menggunakan gain score dan uji-t pada IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning berbantuan Video Animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Kediri. Temuan tersebut dibuktikan dari nilai gain score kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dan hasil Uji-t sebesar 0 037. Hasil tersebut menunjukkan bahwa probabilitas lt 0 05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan H1 diterima. Saran yang diberikan dari penelitian ini pertama penggunaan model project-based learning akan lebih bermakna apabila menggunakan bantuan video animasi. Kedua penggunaan model project-based learning haruslah dilaksanakan sesuai dengan kakarteristik model itu sendiri. Ketiga Penggunaan model project-ased learning dalam pembelajaran daring perlu beberapa alternatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146860

Actions (login required)

View Item View Item