Triyana, Anggun Widya Triyana (2021) pelaksanaan pembelajaran daring pjok di smp negeri 8 malang / anggun widya triyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelaksanaan pembelajaran pada saat ini diharuskan untuk dilakukan secara online. Semenjak adanya covid-19 pemerintah menganjurkan kepada seluruh tingkatan pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara online. Pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pun juga melaksanakan pembelajaran secara online untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan secara online di SMP Negeri 8 Malang. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif survei dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IX SMP Negeri 8 Malang berjumlah 120 siswa dari empat kelas yakni IX A IX D IX F IX H. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket menggunakan validitas isi yang divalidasi oleh pembimbing teknik analisis yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terdapat tiga variabel yaitu variabel pembelajaran skor hasil 1551 dan skor maksimal 1920 serta memiliki persentase 81% variabel kesiapan skor hasil 7021 dan skor maksimal 9600 serta sebesar 72% dan variabel penugasan skor hasil 3241 dan skor maksimal 3840 serta diperoleh sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SMP Negeri 8 Malang belum memenuhi standar pembelajaran jasmani. Walaupun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring di SMP Negeri 8 Malang termasuk dalam kategori baik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dengan memiliki persentase sebesar 80% namun sebagian besar pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kognitif karena yang hanya dapat dikontrol secara menyeluruh adalah pembelajaran kognitif. Untuk pembelajaran gerak atau keterampilan belum mampu dikontrol pelaksanaan kegiatannya secara menyeluruh karena ketika siswa diberikan pembelajaran gerak pendidik tidak dapat mengamati dan mengontrol secara langsung bagaimana gerakan yang dilakukan oleh siswa dikarenakan keterbatasan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sehingga masih jauh dari standar pembelajaran jasmani dimana hakikat dari pendidikan jasmani sendiri adalah pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas gerak atau jasmani.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/145451 |
Actions (login required)
View Item |