Perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika (dle) menggunakan model pembelajaran discovery learning dibandingkan group investigation (gi) pada siswa kelas x jurusan otomasi industri di smk negeri 1 singosari malang / Muhammad Arif Dermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika (dle) menggunakan model pembelajaran discovery learning dibandingkan group investigation (gi) pada siswa kelas x jurusan otomasi industri di smk negeri 1 singosari malang / Muhammad Arif Dermawan

Dermawan, Muhammad Arif Dermawan (2021) Perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika (dle) menggunakan model pembelajaran discovery learning dibandingkan group investigation (gi) pada siswa kelas x jurusan otomasi industri di smk negeri 1 singosari malang / Muhammad Arif Dermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan dan mempunyai peran sangat strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pelaksanaan pendidikan tak bisa dilepaskan dari adanya proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Singosari diketahui bahwa penerapan model pembelajaran yang digunakan kurang maksimal dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar lebih maksimal maka perlu diterapkan model pembelajaran yang lain agar siswa dapat memperoleh peningkatan pada hasil belajar. Model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Mengetahui deskripsi perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas eksperimen 1 menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 menerapkan model pembelajaran Group Investgigation. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery learning dengan model pembelajaran Group Investigation. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu sebanyak 36 siswa untuk Kelas Eksperimen Discovery learning dan 36 siswa untuk kelas eksperimen Group Investigation. Hasil penelitian ini (1) diperoleh nilai tertinggi hasil belajar siswa Kelas Eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Discovery learning adalah 85 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata 74 44. (2) diperoleh nilai tertinggi hasil belajar siswa Kelas Eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation adalah 100 dan nilai terendah 70 dengan rata-rata 85 00. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dan model pembelajaran pembelajaran Group Investigation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145386

Actions (login required)

View Item View Item