Jannah, Wardatul Jannah (2021) peningkatan hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri di smkn 1 kraksaan / wardatul jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTAK Jannah Wardatul. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri di SMKN 1 Kraksaan. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara. M.Pd (II) I Made Wirawan. S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar Berbasis HOTS dan Model Pembelajaran Inkuiri. Salah satu harapan dari pelaksanaan pembelajaran adalah dapat menciptakan suasana belajaran yang dapat merangsang keterampilan siswa untuk berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan cara berfikir dengan cara memikiran segala hal secara rinci mendetil serta mendalam. Berfikir kritis dalam menimbulkan rasa penasaran yang tinggi mengajukan pertanyaan mencari alteratif pemecahan masalah sehingga mampu membuat suatu keputusan. Siswa juga mampu memberikan alasan terkaiat dengan keputusan yang diambilnya berdasarkan argumentatif. Berdasarkan uraian diatas maka mendorong peneliti untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa melalui cara berfikir dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills) melalui model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan dan pengetahuan siswa agar siswa dapat mencari serta menyelidiki secara sistematis kritis logis serta analistis sehingga siswa dapat merumuskan penemuannya dengan menanamkan rasa percaya diri pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar berbasis HOTS Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) siswa kelas X1 TKJ SMKN 1 Kraksaan menggunakan model pembelajaran inkuiri (2) Mengetahui efisiensi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar berbasis HOTS Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) siswa kelas X1 TKJ SMKN 1 Kraksaan. Penelitian ini menggunakan penelitian metode Pre-Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest ndash posttest Design. Bentuk desain eksperimen ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pretest) dan sesudah eksperimen (posttest) dengan satu kelompok subjek (Arikunto 2002 78). Tujuan dari Pretest untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki siswa mengenai pokok materi yang akan dipelajari. Kemudian setelah diberikan tes awal maka dilakukan eksperimen dengan pemberian perlakuan HOTS dengan bantuan model pembelajaran inkuiri setelah diberikan sebuah perlakuan maka dilakukan tes akhir untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang diberikan pada siswa. Hasil penelitian ini adalah nilai pretest memperoleh rerata 30 93 yang termasuk kedalam kategori sangat rendah. Nilai posttest memperoleh rerata 69 86 yang termasuk dalam kategori tinggi dan terdapat selisih/kenaikan hasil belajar rerata sebesar 38 93 hasil uji hipotesis nilai tes awal dan tes akhir memiliki nilai sig. (2-tailed) 0 000 nilai berada dibawah atau lebih kecil dari 0 05 yang berarti data tersebut memiliki perbedaan hasil tes awal dan tes akhir. Model pembelajaran inkuiri efesien untuk meningkatkan hasil belajar berbasis HOTS Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) siswa kelas X1 TKJ SMKN 1 Kraksaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/144895 |
Actions (login required)
View Item |