Abdullah, Kanzul Fikri Abdullah (2021) Pengembangan modul pembelajaran pemrograman berorientasi objek berbasis learning cycle 7e kelas xi program keahlian rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di smk / Kanzul Fikri Abdullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada sistem pendidikan guru dan sumber belajar adalah bagian dari kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 6 Malang belum tersedianya sumber belajar yang baik menyebabkan proses pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek yang dilaksanakan saat ini masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dengan cara menjelaskan materi kepada siswa di depan kelas sehingga siswa cenderung pasif dan enggan untuk bertanya yang menyebabkan tidak dapat terjadi umpan balik antara siswa dan guru sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mendalami materi yang diajarkan. SMKN 6 Malang telah memiliki sumber belajar untuk menunjang pembelajaran pemrograman berorientasi objek akan tetapi sumber belajar tersebut masih belum dapat menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu sesuai dengan tujuan dari penerapan Kurikulum 2013 yang menginginkan siswa untuk lebih berperan aktif kreatif dan inovatif. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran pemrograman berorientasi objek berbasis Learning Cycle 7E untuk kelas XI semester gasal di SMK yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan guru dan siswa untuk terciptanya pembelajaran yang aktif kreatif dan inovatif sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013. Langkah-langkah pengembangan Dick and Carey adalah sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif (9) revisi dan (10) mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif. Model Dick and Carrey dipilih karena pada modul yang dikembangkan terdapat unsur pembelajaran yang diintegrasikan kedalam modul. Dari 10 tahapan yang terdapat pada pengembanga ini dibatasi hanya sampai pada langkah ke-9 yaitu revisi. Hasil penilaian yang diperoleh dari validasi ahli materi untuk modul siswa dan guru berturut-turut yaitu 94% dan 90 38% validasi ahli media 85 26% dan 94 70% uji kelompok perseorangan diperoleh presentase total 80 36% uji kelompok keil diperoleh presentase total 80 95% dan uji kelompok besar diperoleh presentase total 87 42%. Sementara itu utnuk uji kemandirian belajar siswa memperoleh presentase total 87 24% sehingga didapatkan bahwa modul yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/144880 |
Actions (login required)
View Item |