Nariswari, Hening Nariswari (2021) perbandingan model pembelajaran discovery learning dengan problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas x di smk negeri 1 kepanjen / hening nariswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Disvovery Learning (DL) dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasi di kelas X RPL SMK Negeri 1 Kepanjen pembelajaran akibat pandemi Covid-19 berlangsung kurang optimal. Hal ini dikarenakan (a) penerapan model pembelajaran problem based learning yang diterapkan kurang sesuai aturan (b) hasil belajar peserta didik kurang dari KKM dan (c) kegiatan pembelajaran bersifat teacher center. Metode penelitian ini menggunakan model eksperimen semu (quasi experimental). Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X RPL 1 sebagai kelompok eksperimen 1 dan X RPL 2 sebagai kelompok eksperimen 2. Kelmpok eksperimen 1 diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning. Kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji-t menunjukkan hasil signifikansi hasil belajar ranah pengetahuan peserta didik sebesar 0 791 yang berarti lebih dari 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143708 |
Actions (login required)
View Item |