proteksi korosi katodik sistem anoda tumbal pada jenis baja karbon rendah h-beam (sm490yb) menggunakan media anoda tumbal jenis zinc (zn) dan media korosif tanah campuran larutan nacl / lazuardi - Repositori Universitas Negeri Malang

proteksi korosi katodik sistem anoda tumbal pada jenis baja karbon rendah h-beam (sm490yb) menggunakan media anoda tumbal jenis zinc (zn) dan media korosif tanah campuran larutan nacl / lazuardi

Lazuardi (2021) proteksi korosi katodik sistem anoda tumbal pada jenis baja karbon rendah h-beam (sm490yb) menggunakan media anoda tumbal jenis zinc (zn) dan media korosif tanah campuran larutan nacl / lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baja H-beam sering dipakai sebagai bahan pokok pebuatan kontruksi bagunan industri. Kasus yang sering terjadi baja H-beam yang dipassang cepat terkorosi kejadian ini disebabkan karena karakteristik lingkungan pesisir pantai tergolong dalam lingkungan dengan tingkat korosifitas yang tinggih dari hasil pengujian pH tester nilai derajar keasamam-nya dikisar pH 5 sampai pH 7 tanah pesisir pantai banyak menggandung unsur kloroda Cl. Dalam kondisi lingkungan asam banyak-nya senyawa asam () memicu pecahnya lapisan pasif pada permukaan yang menyebabkan terbentuk daerah anodic sehingga baja berada dalam kondisi melepas elektron Masalah yang terjadi dapat diatasi menggunakan sisitem proteksi katodik anoda tumbal dengan mekanisme proteksi logam seng (Zn) 99 99% yang dijadikan anode tumbal memiliki besar potensial yang lebih renda daripada nilai potensia baja H-beam sebagai katoda yang diproteksi. logam seng (Zn) nilai ini lebih negative daripada baja Fe yang nilai potensial-nya didapatkan nilai beda pontensial sebesar dapat dipastikan elektron Zn yang lepas dapat mengalir dan melekat menuju baja H-beam yang diproteksi. Rancangan-nya penelitian ini menggunakan metode experimental dengan desain Intact-Group Comparison dimana pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok. kelompok pertaman digunakan sebagi control (Baja H-beam tanpa diberi perlakuan proteksi katodik) sedangkan kelopok kedua digunakan untuk eksperimen (Baja H-beam diproteksi katodik menggunakan anoda logam Zn 99 99%). Jenis data-nya penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu nilai laju korosi baja H-beam diproteksi dan tanpa proteksi pada lima kurun waktu 144jam 288jam 432 jam 576 jam dan 720 jam dan besar nilai persentase evektivitas anode Zn dalam menghambat laju korosi baja H-beam selama rentang waktu 720 jam. Tujuan dari dilakukan-nya penelitian ini untuk mengetahui laju korosi pada H-beam yang diproteksi katodik dengan anoda tumbal jenis seng (Zn).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143575

Actions (login required)

View Item View Item