pengembangan modul pembelajaran mastercam x5 berbasis ctl pada mata pelajaran cnc untuk meningkatkan kompetensi siswa di smk turen / ainnuryadi al qudsyi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan modul pembelajaran mastercam x5 berbasis ctl pada mata pelajaran cnc untuk meningkatkan kompetensi siswa di smk turen / ainnuryadi al qudsyi

Ainnuryadi Al Qudsyi (2021) pengembangan modul pembelajaran mastercam x5 berbasis ctl pada mata pelajaran cnc untuk meningkatkan kompetensi siswa di smk turen / ainnuryadi al qudsyi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang tersusun secara sistematis guna membantu siswa dalam memahami target belajar yang akan dicapai. Berdasarkan hasil wawancara modul Mastercam hanya digunakan oleh guru dan modul yang tersedia tidak sesuai dengan tujuan dan kondisi siswa yang mengakibatkan kurangnya keaktifan dalam pelajaran CNC. Ketidak sesuaian isi modul meliputi materi kurang lengkap desain kurang menarik tidak didukung prosedur kerja yang rinci dan kurangnya keterlibatan gambar atau foto. Selain itu proses pembelajaran CNC di kelas dalam penyampaiannya menggunakan metode ceramah namun metode ceramah kurang efektif jika digunakan pada matapelajaran CNC karena pada mata pelajaran tersebut cenderung melakukan praktik dalam memahami materi yang disampaikan maka siswa menjadi kesusahan dalam pemahaman materi. Proses pembelajaran merupakan peran penting dalam mendukung siswa untuk mendapatkan data gagasan keahlian dan penerapan ide. Suatu dasar proses belajar yang baik adalah pembelajaran konstruktivisme yaitu Contextual Teaching And Learning (CTL). Pembelajaran CTL merupakan suatu pembelajaran yang menghubungkan mengenai konten pembelajaran melalui kehidupan nyata sehingga membuat siswa dapat mengaitkan melalui pengetahuan serta pengalaman dari sekolah dengan kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu untuk meningkatkan kompetensi siswa pada matapelajaran CNC di SMK Turen dibutuhkan adanya pengembangan modul Mastercam berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Pengembangan modul Mastercam berbasis CTL dikembangkan dengan model pengembangan Borg amp Gall (1983) yang telah dimodifikasi sesuai dengan kondisi penelitian. Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari 8 tahap yaitu 1) studi pendahuluan yaitu mencari literatur yang relevan yang berkaitan dengan penelitian yang sedang dilakukan. 2) desain produk yaitu pembuatan draft modul Mastercam. 3) Validasi ahli yaitu langkah awal untuk mengukur kelayakan produk modul yang dilakukan pada ahli media dan materi. 4) Uji coba kelompok kecil yaitu uji coba produk dilakukan pada 5 siswa yang menempuh matapelajaran CNC kelas XI SMK Turen. 5) Revisi awal yaitu memperbaiki modul Mastercam sesuai hasil saran dan masukan yang telah diperoleh dari uji coba kelompok kecil. 6) Uji coba kelompok besar yaitu uji coba produk dilakukan pada 30 siswa yang menempuh matapelajaran CNC kelas XI SMK Turen. 7) Revisi akhir yaitu memperbaiki modul Mastercam sesuai hasil saran dan masukan yang telah diperoleh dari uji coba kelompok besar. 8) Produk modul pembelajaran Mastercam yaitu perbaikan saran dan masukan berdasarkan hasil penilaian validasi oleh ahli media dan ahli materi uji coba kelompok kecil dan besar. Prosedur dalam meningkatkan kompetensi siswa dengan memberikan latihan soal sebelum pembelajaran (kondisi awal) dengan pemberian soal pretest dan setelah pembelajaran menggunakan modul Mastercam berbasis CTL dengan pemberian soal posttest terhadap kelompok kecil 5 siswa dan kelompok besar 30 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan 1) hasil validasi ahli media 91.66 % (sangat baik) validasi materi 95 % (sangat baik) uji kelompok kecil 89 % (sangat baik) uji kelompok besar 87.66 % (sangat baik) sehingga modul pembelajaran Mastercam dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran CNC di SMK Turen karena memiliki nilai pada kelompok kecil thitung gt tTabel 10.590 gt 2.776 dan kelompok besar thitung gt tTabel 18.179 gt 2.05. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran berupa modul Mastercam berbasis CTL dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran modul Mastercam berbasis CTL. 2) peningkatan kompetensi pengetahuan siswa diperoleh nilai hasil belajar siswa di atas KKM (KriteriaKetuntasanMinimal) dengan persentase rata-rata sebesar 100 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143574

Actions (login required)

View Item View Item