Itsnania, Binti Itsnania (2021) pengembangan mobile learning application berbasis sublime text pada mata pelajaran kearsipan kelas x otkp smk negeri 2 kediri / binti itsnania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting untuk mendukung kegiatan belajar peserta didik. Guru perlu memahami media pembelajaran seperti apa yang tepat digunakan dengan memahami kemampuan peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Kediri didapatkan hasil bahwa ketersediaan sumber belajar bagi peserta didik sangat terbatas. Pihak sekolah hanya menyediakan buku paket Mata Pelajaran Kearsipan di perpustakaan sekolah. Selain itu kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 hanya memanfaatkan Google Classroom untuk membagikan materi. Guru tidak dapat menggunakan Google Meet/Zoom karena peserta didik merasa keberatan menggunakan aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini antara lain yaitu 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Mobile Learning Application mata pelajaran Kearsipan untuk kelas X OTKP semester 2 SMK Negeri 2 Kediri 2) Menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Mobile Learning Application mata peajaran Kearsipan untuk kelas X OTKP semester 2 SMK Negeri 2 Kediri melalui validasi ahli materi dan ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Research and Development oleh Borg amp Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Namun peneliti telah memodifikasi tahapan tersebut menjadi delapan langkah sesuai kebutuhan penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini divalidasi melalui validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk. Validasi materi dilakukan oleh Ibu Rully Aprianti S.Pd. selaku guru mata pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri 2 Kediri. Sedangkan validasi media dilakukan oleh Bapak Eka Pramono Adi S.IP M.si. selaku dosen yang berkompeten dalam bidang teknologi. Pada penelitian ini dilakukan uji coba kelompok kecil kepada 9 peserta didik kelas X OTKP 3 SMK Negeri 2 Kediri yang memiliki kategori nilai rendah tinggi dan sedang di mata pelajaran Kearsipan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan menghitung skor dari angket penilaian untuk kemudian dikategorikan dalam jenjang kevalidan serta data kualitatif yang berupa saran kritik dan komentar. Berdasarkan data yang diperoleh analisis data pda penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa aplikasi media pembelajaran berbasis smartphone android bernama StudyFill yang dapat diinstall melalui link http //bit.ly/StudyFill dan dapat diakses melalui smartphone android. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur pembelajaran antara lain menu materi video pembelajaran soal latihan yang berbentuk pilihan ganda serta soal praktek. Mobile Learning Application layak digunakan untuk siswa kelas X OTKP SMK Negeri 2 Kediri karena dapat mempemudah guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik. Aplikasi ini dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan perolehan skor validasi sebesar 99%. Sedangkan perolehan skor dari ahli materi sebesar 87 77% dengan kriteria kevalidan sangat valid. Pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada peserta didik diperoleh skor sebesar 93 82% dengan kriteria sangat valid sehingga layak digunakan. Saran bagi peneliti lain agar bisa mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi lebih menarik dan memiliki fitur yang lengkap serta dapat mengunggah aplikasi ke platform yang lebih luas yaitu PlayStore agar pengguna lain dapat menginstall dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143542 |
Actions (login required)
View Item |