Masruroh, Dewi Masruroh (2021) pengembangan e-modul berbasis android pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x otkp di smk muhammadiyah 3 singosari) / dewi masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan teknologi digital. Dalam pembelajaran daring smartphone android menjadi media elektronik yang paling banyak digunakan oleh peserta didik dan sumber belajar yang interaktif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Oleh sebabnya E-modul berbasis Android diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar pesreta didik. E-modul ini dibuat dengan bantuan software aplikasi Flip PDF Professional yang mana outputnya dapat menghasilkan E-modul dalam bentuk aplikasi android yang di dalamnya memuat teks gambar tombol navigasi yang beragam bahkan video pembelajaran. Adapun Tujuan dari penelitian pengembangan ini antara lain 1) Menghasilkan E-modul berbasis Android pada Mata Pelajaran Administrasi Umum pada semester Genap. 2) Mengetahui kelayakan kegunaan E-modul berbasis Android pada mata pelajaran Administrasi Umum melalui validasi ahli materi dan ahli media. 3) Mengetahui tingkat keberhasilan hasil belajar peserta didik dengan membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan E-modul berbasis Android dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-modul berbasis Android pada mata pelajaran Administrasi Umum. Rancangan penelitian ini menerapkan metode Reasearch and Development oleh Borg amp Gall yang telah dimodifikasi. Sehingga dari sepuluh tahapan penelitian peneliti hanya melaksanakan delapan tahap prosedur penelitian. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari ahli media ahli materi 6 peserta didik sebagai validator pengguna serta uji coba kelompok besar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari validitas yaitu untuk mengetahui suatu kevalidan instrumen yang digunakan serta Uji Independent Sample T-Test untuk mengukur perbedaan rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Dalam penelitian dan pengembangan ini menghasilkan E-modul berbasis Android pada Mata Pelajaran Administrasi Umum pada semester genap. Produk yang dihasilkan memiliki tingkat kelayakan dengan kategori sangat valid/sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba produk pada pengguna. Selain itu pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil bahwa peserta didik kelas ekperimen yang menggunakan E-modul berbasis Android memperoleh rata-rata hasil belajar lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan E-modul berbasis Android dalam kegiatan pembelajaran. Namun E-modul berbasis Android ini perlu adanya pengembangan lebih lanjut yaitu diharapkan adanya pengembangan E-modul berbasis Android pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X untuk semester ganjil serta adanya pengembangan lebih lanjut agar E-modul dapat di akses di smartphone dengan sistem operasi IOS (Apple) dan penggunaan dapat mengkases secara offline.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143530 |
Actions (login required)
View Item |