Peran business center sebagai upaya pembelajaran kewirausahaan di era pandemi covid-19 studi kasus pada smk muhammadiyah 2 malang / Fitri Amaliyahni Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran business center sebagai upaya pembelajaran kewirausahaan di era pandemi covid-19 studi kasus pada smk muhammadiyah 2 malang / Fitri Amaliyahni Ningsih

Ningsih, Fitri Amaliyahni Ningsih (2021) Peran business center sebagai upaya pembelajaran kewirausahaan di era pandemi covid-19 studi kasus pada smk muhammadiyah 2 malang / Fitri Amaliyahni Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningsih Fitri Amaliyahni. 2021. Peran Business Center sebagai Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di Era Pandemi COVID-19 Studi Kasus pada SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Business Center Pembelajaran Kewirausahaan COVID-19 SMK Muhammadiyah 2 Malang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Kota Malang yang memiliki laboratorium pemasaran dalam bentuk business center yang bernama SMUD rsquo S Mart. Business center SMUD rsquo S Mart adalah tempat untuk praktik yang didesain sedemikian rupa agar dapat memberikan gambaran dunia usaha pada siswa. SMUD rsquo S Mart diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang siap kerja berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Dalam kondisi COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran online diharapkan business center tetap menjadi sarana pembelajaran kewirausahaan berbasis praktik bagi siswa sehingga dapat memberikan motivasi siswa untuk menjadi wirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanan kebijakan pengorganisasian dan pengontrolan business center (2) upaya sekolah dalam memanfaatkan business center sebagai upaya pembelajaran kewirausahaan (3) proses pembelajaran berbasis praktik di era pandemi COVID-19 di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa (1) manajemen pengelolaan SMUD rsquo S Mart terorganisir sangat baik didukung dengan pengelola SMUD rsquo S Mart yang terdiri dari guru dan tenaga kerja yang berusia muda sehingga dapat mengorganisir dengan membuat SOP jadwal dan deskripsi kerja yang jelas serta mengelola fasilitas yang sudah modern (2) pembelajaran teori yang didapat siswa kurang maksimal serta branding SMUD rsquo S Mart yang kurang sehingga produk yang dimiliki SMUD rsquo S Mart kurang dikenal upaya praktik penjualan secara online melalui ecommerce menjadi salah satu solusi dari pihak jurusan (3) proses pembelajaran kewirausahaan berbasis praktik di SMK Muhammadiyah 2 Malang terbatas hanya di SMUD rsquo S Mart dan kurang maksimal di ecommerce terbukti masih ada siswa yang belum mau untuk menjadi wirausaha ketika lulus dari SMK ini. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah (1) memaksimalkan penjualan online melalui akun ecommerce milik SMUD rsquo S Mart dan milik pribadi (2) siswa diminta untuk membuka usaha dengan modal dan jenis usaha yang diminati agar siswa mempelajari cara membuka dan mengembangkan usaha milik sendiri (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian tentang business center secara lebih mendalam sehingga informasi mengenai business center lebih jelas dan kekurangan yang ada dapat diperbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143512

Actions (login required)

View Item View Item