Irawati, Selviya Irawati (2021) analisis hubungan pemahaman konsep, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi laju reaksi / selviya irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Studi kimia pada dasarnya memerlukan penggambaran berbagai tingkat representasi yang sesuai untuk memahami konsep-konsep yang terdapat didalamnya. Representasi kimia berperan penting dalam membantu peserta didik memahami berbagai konsep kimia termasuk konsep laju reaksi. Representasi dari konsep-konsep kimia menuntut peserta didik tidak hanya memahami konsep-konsep kimia dan representasi kimia yang terlibat tetapi juga kemampuan untuk menerjemahkan antara representasi. Kompetensi tersebut berupa kompetensi representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pemahaman konsep laju reaksi representasi laju reaksi dan kompetensi representasi laju reaksi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang melibatkan 154 peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen untuk pengumpulan data yaitu Instrumen Tes Pemahaman Konsep Laju Reaksi (ITPKLR) Instrumen Tes Representasi Laju Reaksi (ITRLR) dan Instrumen Tes Kompetensi Representasi Laju Reaksi (ITKRLR) yang dilakukan secara daring dengan google form. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata persentase ITPKLR 59 18% ITRLR 66 48% dan ITKRLR 40 81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep laju reaksi secara konten representasi kimia pada laju reaksi dan kompetensi representasi pada konsep laju reaksi peserta didik masih rendah. Hasil koefisien korelasi ITPKLR dengan ITRLR 0 483 yang menunjukkan bahwa hubungan antara pemahaman konsep laju reaksi peserta didik dengan representasi kimia peserta didik memiliki hubungan yang cukup kuat koefisien korelasi ITPKLR dengan ITKRLR 0 547 yang menunjukkan bahwa hubungan antara pemahaman konsep laju reaksi peserta didik dengan kompetensi representasinya memiliki hubungan yang cukup kuat dan koefisien korelasi ITRLR dengan ITKRLR 0 484 yang menunjukkan bahwa hubungan antara representasi kimia peserta didik dengan kompetensi representasinya memiliki hubungan yang cukup kuat. Kemudian koefisien korelasi antara ketiga instrumen sebesar 0 624 yang menunjukkan hubungan antara variabel pemahaman konsep laju reaksi dan representasi kimia terhadap kompetensi representasinya memiliki pengaruh yang cukup kuat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kompetensi representasi peserta didik secara keseluruhan memiliki ketergantungan yang lebih tinggi pada tingkat pemahaman konsep kimia daripada tingkat pemahaman representasi kimia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143454 |
Actions (login required)
View Item |