Hanim, Fatma Hanim (2021) pengembangan game edukasi materi tatanama hidrokarbon dan turunannya sebagai media pembelajaran kimia berbasis android / fatma hanim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hanim Fatma. 2021. Pengembangan Game Edukasi Materi Tatanama Hidrokarbon dan Turunannya Sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hayuni Retno Widarti M.Si. Kata Kunci Game Edukasi Tatanama Hidrokarbon dan Turunannya Model 4D Kimia organik merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang membahas mengenai senyawa atom karbon. Pembahasan khusus mengenai senyawa atom karbon dan atom hidrogen dipelajari dalam materi hidrokarbon. Pada materi ini siswa mengalami kesulitan dalam menentukan nama senyawa hidrokarbon yang berlanjut pada kesulitan materi berikutnya yaitu turunan hidrokarbon. Dalam turunan hidrokarbon siswa sulit memahami dan mengingat struktur dari gugus fungsi yang bervariasi serta penamaan gugus fungsi (IUPAC dan trivial) pada senyawa karbon. Pemahaman konsep yang luas serta bersifat abstrak terutama pada materi hidrokarbon dan turunannya membuat perlunya penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran game edukasi merupakan media berbasis game dengan maksud pendidikan yang mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi pada materi hidrokarbon dan turunannya serta mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan (1974). Dalam pengembangan model 4-D terdapat 4 tahapan yang diterapkan meliputi tahap define design develop dan disseminate. Namun penelitian dan pengembangan yang dilakukan terbatas hingga pada tahap develop dikarenakan pertimbangan biaya dan waktu yang ada. Pengembangan game edukasi membutuhkan software Unity Engine 2D dan CorelDraw 2019 untuk mendesain tampilan pada game. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi media dan materi serta uji coba kepada siswa yang berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan berupa game edukasi pada materi tatanama hidrokarbon dan turunannya berbentuk aplikasi yang dapat dimainkan di android. Hasil validasi media pada game edukasi yang dikembangkan diperoleh presentase skor rata-rata sebesar 77 % (Layak). Hasil validasi materi diperoleh presentase skor rata-rata sebesar 79 % (Layak). Hasil uji coba kepada siswa pada seluruh aspek diperoleh presentase skor rata-rata sebesar 89 % (Sangat Layak). Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa game edukasi pada materi hidrokarbon dan turunannya yang dikembangkan layak untuk digunakan pengujian pada tahap selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143449 |
Actions (login required)
View Item |