identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada topik tegangan arus bolak-balik: ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / eni kusuma wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada topik tegangan arus bolak-balik: ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / eni kusuma wardani

Wardani, Eni Kusuma Wardani (2021) identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada topik tegangan arus bolak-balik: ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / eni kusuma wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulis menggunakan sudut pandang Teori resource (knowledge in pieces) untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep tegangan arus bolak-balik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep dan mengetahui level pemahaman serta resource yang teraktivasi pada mahasiswa pendidikan fisika tingkat kedua pada topik bahasan tegangan arus bolak-balik. Penelitian dilakukan kepada 64 mahasiswa jurusan fisika tahun ajaran 2020/2021 yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar III di Univeristas Negeri Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Guna mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan intrumen penelitian berupa 12 butir soal pilihan ganda beralasan. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dari skor jawaban benar mahasiswa dan data kualitatif dari alasan tertulis yang diberikan mahasiswa dalam menjawab soal. Data kuantitatif diolah menggunakan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan tahapan Miles dan Huberman untuk mengetahui level pemahaman dan resource yang teraktivasi pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep tegangan arus bolak-balik mahasiswa termasuk kedalam kategori sangat rendah. Hal tersebut dikarenakan rata-rata skor pemahaman konsep hanya sebesar 45 2. Selanjutnya hasil dari rata-rata level pemahaman konsep mahasiswa yakni Pemahaman Mantap sebesar 29 8% Pemahaman Sebagian 15 8% Pemahaman Sebagian dengan Miskonsepsi Spesifik 6 3% Miskonsepsi Spesifik 22 4% dan Tidak Paham sebesar 25 6%. Untuk resource yang diaktivasi mahasiswa dalam menjawab soal tes menunjukan adanya kecederungan pemahaman sebagaian dan tidak terstruktur secara koheren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143361

Actions (login required)

View Item View Item