pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi / qowiyyun dyaheksita pradani putri adisna - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi / qowiyyun dyaheksita pradani putri adisna

Adisna, Qowiyyun Dyaheksita Pradani Putri Adisna (2021) pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi / qowiyyun dyaheksita pradani putri adisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melalui penelitian ini telah dirancang dan diterapkan sekuensi pembelajaran Learning Cycle 5E pada topik usaha dan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran tersebut terhadap penguasaan konsep siswa. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas 10 MIPA di salah satu madrasah aliyah di Kota Lumajang. Dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design pembelajaran diukur dengan N-gain dari pretest dan posttest berdasarkan hasil tes penguasaan konsep yang terdiri atas 13 soal pilihan ganda (4 soal tergolong pada kategori sukar 8 soal dengan kategori sedang dan 1 soal dengan kategori mudah). Kekuatan dampak juga diukur menggunakan d-effect size. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan N-gain sebesar 0 61 (kategori medium atas) dan d-effect size sebesar 3 53. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E memberikan efek dengan kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143359

Actions (login required)

View Item View Item