Venna Vebiola Damayani Themalagy (2021) ¬penggunaan aplikasi pleco pada keterampilan menulis hà nzì siswa kelas x ips 4 sma negeri 6 malang / Venna Vebiola Damayani Themalagy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aplikasi Pleco merupakan salah satu kamus mobile yang dapat membantu siswa dalam menulis dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media aplikasi Pleco dan respon siswa dalam keterampilan menulis h agrave nz igrave menggunakan aplikasi Pleco. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 6 Malang. Dalam penelitian ini peneliti merupakan instrumen utama dan didukung oleh dua instrumen yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Penggalian data dilakukan dengan observasi dan wawancara secara online. Data penggunaan aplikasi Pleco diperoleh dari hasil observasi dua rekan sejawat dan satu guru bahasa mandarin SMA Negeri 6 Malang. Sedangkan data respon siswa diperoleh dari hasil wawancara dengan siswa. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Pleco dapat membantu siswa dalam menulis teks deskriptif sederhana dan dapat membantu siswa menulis dengan urutan yang benar. Berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Pleco mereka sangat tertarik dengan aplikasi tersebut karena dapat membantu mereka dalam menulis h agrave nz igrave dengan benar dan mempermudah dalam mencari kata-kata dalam menulis teks deskriptif sederhana. Aplikasi Pleco dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis h agrave nz igrave siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PLM Mandarin Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 06:39 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143323 |
Actions (login required)
View Item |