Rimeldi, Cessy Nooraeni Rimeldi (2021) penggunaan aplikasi rosetta stone sebagai media pembelajaran daring bahasa jerman siswa kelas x sma laboratorium um / cessy nooraeni rimeldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Kurangnya variasi media pembelajaran dapat membuat siswa merasa jenuh tidak bersemangat dan tidak aktif selama proses pembelajaran daring. Guru dapat memanfaatkan teknologi seperti penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran. Saat ini sudah tersedia berbagai macam aplikasi untuk pembelajaran bahasa yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran salah satunya adalah Rosetta Stone. Aplikasi ini memuat berbagai materi setiap materi yang disajikan terdiri dari gambar teks audio dan skenario real time sehingga materi mudah diingat. Rosetta Stone memiliki kelebihan yaitu fitur Voice Recognition dan Dynamic Immersion yang berfungsi untuk membandingkan pelafalan pengguna dengan native speaker sehingga dapat membantu melatih pelafalan siswa. Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi akan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas penggunaan aplikasi Rosetta Stone sebagai media pembelajaran daring bahasa Jerman di SMA Laboratorium UM dan respons siswa terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data 22 orang siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas penggunaan aplikasi Rosetta Stone dalam pembelajaran daring bahasa Jerman. Wawancara dilalukan untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Rosetta Stone sebagai media pembelajaran daring bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Rosetta Stone dalam pembelajaran daring merupakan sebuah pengalaman baru bagi siswa. Aktivitas pembelajaran daring berjalan dengan lancar siswa mempelajari materi pembelajaran secara daring siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik dan tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai. Penggunaan aplikasi Rosetta Stone sebagai media pembelajaran daring menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan siswa memberikan respons positif. Penggunaan media baru ini membuat siswa bersemangat terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143310 |
Actions (login required)
View Item |