Agustina, Wahyu (2011) Pengembangan bahan ajar bermain peran dengan program flash untuk siswa SMP / Wahyu Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan bahan ajar bermain peran program flash. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa kesulitan dalam bermain peran guru hanya sekilas mengajarkan bermain peran dan belum tersedianya bahan ajar yang mendukung pembelajaran bermain peran. Guru dituntut mampu menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar proses pembelajaran bermain peran dapat berlangsung dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan. Pemilihan bahan ajar bermain peran dengan program flash sesuai dengan siswa SMP karena program flash dapat menampilkan materi dan contoh secara nyata dan dapat dioperasikan secara mandiri oleh siswa. Berdasarkan paparan pada bagian latar belakang tersebut maka tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar bermain peran dengan program flash untuk siswa SMP. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan sistematikan penyajian produk bahan ajar bermain peran dengan strategi pemodelan melalui program flash untuk siswa SMP (2) mengembangkan deskripsi isi bahan ajar bermain peran dan (3) mengembangkan tampilan bahan ajar bermain Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan pada tahap prapengembangan. Produk hasil pengembangan selanjutnya diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yakni melalui tiga kelompok uji yang meliputi (1) uji ahli yakni ahli materi bermain peran ahli pembelajaran bermain peran dan ahli visualisasi bermain peran (2) uji praktisi yakni guru kelas VIII SMP dan (3) uji kelompok kecil siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang yang terdiri dari 10 siswa. Data dalam penelitian ini berupa data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data verbal dibedakan menjadi data tertulis dan data lisan. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian sedangkan data verbal lisan berupa informasi lisan ketika wawancara langsung dengan ketiga kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripsikan agar dapat dianalisis. Hasil pengembangan dari segi alur penyajian bahan ajar diperoleh dari uji coba dengan dengan ahli materi bermain peran ahli pembelajaran bermain peran praktisi dan siswa. Berdasarkan uji coba dengan ahli materi bermain peran alur penyajian bahan ajar memeroleh skor sebesar 100%. Berdasarkan uji coba dengan ahli pembelajaran bermain peran alur penyajian bahan ajar memeroleh skor iv sebesar 80%. Berdasarkan uji coba dengan praktisi alur penyajian bahan ajar memeroleh skor sebesar 91 6%. Berdasarkan uji coba dengan kelompok kecil siswa memeroleh skor sebesar 82 5%. Berdasarkan analisis data di atas bisa disimpulkan bahwa dari segi alur penyajian bahan ajar tidak ada revisi. Hasil pengembangan dari segi deskripsi bahan ajar diperoleh dari uji coba dengan ahli materi bermain peran ahli pembelajaran bermain peran praktisi dan siswa. Berdasarkan uji coba dengan ahli materi fokus penilaian deskripsi isi adalah aspek kelengkapan kedalaman dan keakuratan materi. Berdasarkan data dan analisis data tersebut aspek kelengkapan materi memeroleh skor sebesar 87 5%. Aspek kedalaman materi memeroleh skor sebesar 100%. Aspek keakuratan materi memeroleh skor sebesar 87 5%. Dengan demikian seluruh aspek tersebut juga tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan uji coba dengan ahli pembelajaran bermain peran fokus penilaian deskripsi isi adalah kegiatan pembelajaran isi produk dan kebahasaan. Berdasarkan data dan analisis data tersebut aspek kegiatan pembelajaran memeroleh skor sebesar 75%. Aspek isi produk memeroleh skor sebesar 62 5%. Aspek kebahasaan memeroleh skor sebesar 83 3%. Hal tersebut berarti seluruh komponen ini tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan. Berdasarkan uji coba dengan praktisi deskripsi isi bahan ajar tergolong layak karena kedua komponen efisiensi bahan ajar dan kebahasaan memeroleh skor sebesar 91 6% dan 91 6%. Dengan demikian komponen ini tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan uji dengan siswa deskripsi isi bahan ajar ini juga tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Akan tetapi berdasarkan data verbal dari segi deskripsi isi bahan ajar perlu perbaikan sesuai dengan saran ahli. Hasil pengembangan dari segi tampilan bahan ajar diproleh dari uji coba dengan ahli pembelajaran bermain peran ahli visualisasi bahan ajar praktisi dan siswa. Berdasarkan uji coba dengan ahli pembelajaran bermain peran tampilan bahan ajar memeroleh skor sebesar 80 5%. Dengan demikian komponen ini tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan uji coba dengan ahli visualisasi bahan ajar terdapat satu kriteria yang belum layak yang memeroleh skor sebesar 50%. Tindak lanjut untuk hal itu yakni revisi. Berdasarkan data dan analisis data dengan praktisi komponen yang berkaitan dengan tampilan bahan ajar memeroleh skor sebesar 88 8%. Berdasarkan data dan analisis data dengan kelompok kecil siswa komponen tampilan bahan ajar tergolong layak dan siap diimplementasikan. Meskipun demikian berdasarkan data verbal tampilan bahan ajar perlu revisi sesuai dengan saran ahli praktisi dan siswa. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar bermain peran dengan program flash untuk siswa SMP. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa produk bahan ajar tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan saran bagi beberapa pihak. Bagi guru diharapkan penelitian pengembangan ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar secara mandiri dan lebih kreatif. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143070 |
Actions (login required)
View Item |