Pengembangan modul membaca dan menulis untuk siswa kelas X SMK / Dwi Putri Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul membaca dan menulis untuk siswa kelas X SMK / Dwi Putri Pertiwi

Pertiwi, Dwi Putri (2013) Pengembangan modul membaca dan menulis untuk siswa kelas X SMK / Dwi Putri Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan modul membaca menulis. Penelitian pengembangan ini didasari oleh belum tersedianya modul yang mengembangkan keterampilan membaca dan menulis secara terintegrasi di SMK. Membaca adalah aktivitas menyerap informasi sebanyak-banyaknya dari suatu teks sedangkan menulis adalah kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Membaca dan menulis adalah keterampilan yang kompleks dengan melibatkan berbagai tindakan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Dua keterampilan ini memiliki hubungan yang erat satu sama lain dan harus ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik kelas X SMK sebagai bekal di masyarakat. Salah satu cara menumbuhkembangkan keterampilan membaca dan menulis peserta didik adalah menyediakan modul membaca dan menulis yang dapat memandu peserta didik belajar mandiri. Penelitan dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul terintegrasi membaca dan menulis untuk peserta didik kelas X SMK untuk memandu belajar mandiri. Modul yang dikembangkan meliputi lembar kegiatan peserta didik lembar kerja lembar soal lembar jawaban dan kunci jawaban. Rancangan penelitian ini adalah hasil adaptasi model pengembangan Borg and Gall (Arifin 2012 128). Hasil modifikasi tersebut meliputi (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) produk akhir. Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan dalam produk meliputi dua kompetensi membaca dan empat kompetensi menulis yang diintegrasikan. Keenam kompetensi tersebut adalah (1) KD [1.3] membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat (2) KD [1.4] memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks (3) KD [1.9] menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata (4) KD [1.10] membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata bentuk kata dan ungkapan yang tepat (5) KD [1.11] menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi dan (6) KD [1.12] membuat parafrasa dari teks tertulis. Keseluruhan modul ini dikembangkan secara utuh dalam empat modul yakni modul ke-1 memuat KD [1.3] dan [1.9] modul ke-2 memuat KD [1.4] dan [1.10] modul ke-3 memuat KD [1.3] dan [1.11] dan modul ke-4 memuat KD [1.4] dan [1.12]. Keseluruhan kompetensi tersebut dipadukan dengan mengacu pada teori tentang membaca menulis model pembelajaran dan teori modul yang relevan sehingga menghasilkan produk yang layak digunakan. Kompetensi yang disajikan berdasarkan analisis kurikulum dan analisis kebutuhan peserta didik sesuai kurikulum KTSP. Pembelajaran dikembangkan dengan prinsip EEK (Eksplorasi Elaborasi dan Konfirmasi) yang dipadukan dengan pembelajaran kontekstual. Tampilan disajikan dengan warna yang kontras dan full colour agar menarik peserta didik untuk belajar. Tampilan dan tata letak disajikan sesuai dengan aturan penyusunan bahan ajar yang baik. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat yaitu (1) penyajian hasil prapengembangan (2) penyajian hasil pengembangan (3) penyajian data dan analisis hasil uji coba dan (4) revisi produk. Produk pengembangan kemudian diujicobakan kepada ahli praktisi dan peserta didik. Modul dinilai dengan lima kriteria penilaian yaitu pengembangan kompetensi isi (materi dan soal) urutan kegiatan pembelajaran bahasa dan tampilan. Hasil uji coba menyatakan bahwa penilaian pengembangan aspek kompetensi sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 3 75 sehingga tindak lanjutnya adalah implementasi. Penilaian aspek isi (materi dan soal) menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 00 sehingga tindak lanjutnya adalah revisi. Penilaian terhadap kegiatan pembelajaran dalam modul memperoleh nilai rata-rata 3 20 sehingga tindak lanjutnya adalah implementasi. Penilaian terhadap aspek bahasa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 2 75 sehingga tindak lanjutnya adalah revisi. Penilaian aspek tampilan menunjukkan nilai rata-rata adalah 2 50 sehingga tindak lanjutnya adalah revisi. Hasil uji coba juga menyatakan bahwa penyajian kompetensi dan tujuan belajar bagi peserta didik menghasilkan nilai yang baik. Namun terdapat saran dari praktisi untuk menghilangkan persentase hasil jawaban pada penyajian indikator KD [1.3]. Awalnya tujuan pembelajaran menyatakan bahwa peserta didik mampu menjawab 70% soal dengan benar yang berhubungan dengan teks yang dibaca. Berdasarkan saran yang diberikan maka angka 70% tersebut dihilangkan menjadi Mampu menjawab soal yang berhubungan dengan teks yang dibaca. Saran pada aspek materi diperoleh dari ahli yaitu menghilangkan teori kebahasaan dan linguistik dan mengubah menjadi tips penggunaannya. Saran lain terletak pada pengembangan komponen soal. Saran ahli tentang soal adalah (1) soal tentang analisis jenis wacana dalam bahasa Indonesia diganti dengan soal pemahaman dan (2) menghilangkan soal latihan tentang klasifikasi kelas kata bahasa Indonesia. Selebihnya catatan tertuju pada tampilan agar tampilan dibuat lebih menarik lebih kontras lebih bervariasi dan lebih dipadatkan. Seluruh penilaian tersebut dijadikan acuan untuk melakukan revisi dan pengembangan modul agar menjadi layak untuk diimplementasikan. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142882

Actions (login required)

View Item View Item