Adhita, Elendea (2013) Pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi siswa SMP/MTs kelas VII semester II / Elendea Adhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adhita Elendea. 2013. Pembelajaran Menanggapi Cara Pembacaan Puisi Siswa SMP/MTs Kelas VII Semester II. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muakibatul Hasanah M. Pd. (II) Dewi Pusposari S. Pd M. Pd. Kata kunci pembelajaran menanggapi pembacaan puisi 12288 12288 12288 12288 Menanggapi cara pembacaan puisi merupakan salah satu kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP/MTs semester II. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan (3) penilaian pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi siswa kelas VII MTs Negeri Malang 2 dan SMP Negeri 12 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci sekaligus pengumpul data. Data penelitian ini berupa data kualitatif dari telaah dokumen observasi wawancara dan pendokumentasian yang meliputi (1) data perencanaan (2) data pelaksanaan dan (3) data penilaian pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi. Instrumen pendukung yang digunakan adalah pedoman telaah RPP pedoman analisis pelaksanaan pembelajaran pedoman analisis penilaian pembelajaran dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) sajian data dan (3) penarikan simpulan serta verifikasinya. Data penelitian ini diperiksa dengan teknik triangulasi sumber hasil observasi hasil wawancara dan pendokumentasian. Hasil analisis data meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan serta (3) penilaian pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi siswa kelas VII semester II MTs Negeri Malang 2 dan SMP Negeri 12 Malang. Perencanaan pembelajaran memuat (1) identitas RPP standar kompetensi dan kompetensi dasar (2) indikator dan tujuan pembelajaran (3) materi pembelajaran (4) metode pembelajaran (5) kegiatan pembelajaran (6) sumber belajar dan media pembelajaran serta (7) perencanaan penilaian. Beberapa hal yang belum tercantum dalam perencanaan pembelajaran guru MTs Negeri Malang 2 yaitu (1) tidak tercantum pertemuan ke- pada identitas RPP (2) rumusan materi belum memuat prinsip dan prosedur kompetensi yang dipelajari (3) rumusan metode masih umum (4) pada perencanaan kegiatan penutup tidak terlihat kejelasan umpan balik dan tidak tercantum kegiatan tindak lanjut setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran (5) rumusan sumber belajar dalam masih umum serta (6) tidak tercantum perencanaan penilaian proses. Beberapa hal yang belum tercantum dalam perencanaan pembelajaran guru SMP Negeri 12 Malang yaitu (1) tidak tercantum pertemuan ke- pada identitas RPP (2) rumusan indikator dan tujuan masih menunjukkan perilaku umum untuk mengukur tercapainya KD (3) pada perencanaan kegiatan awal tidak tercantum pemberian motivasi dan (4) pada perencanaan kegiatan inti guru memberikan contoh pembacaan puisi kepada siswa tanpa memberikan penjelasan awal tentang aspek-aspek yang perlu ditanggapi oleh siswa. Pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan awal meliputi (1) apersepsi dan (2) motivasi. Guru tidak mengaitkan manfaat penguasaan kompetensi dalam kehidupan siswa dan belum terlihat dalam memberikan motivasi kepada siswa. Pelaksanaan kegiatan inti meliputi (1) eksplorasi (2) elaborasi dan (3) konfirmasi. Pada pelaksanaan kegiatan inti tidak terlihat sanggahan yang dikemukakan oleh kelompok lain dan penyimpulan pembacaan puisi yang baik oleh siswa. Pelaksanaan kegiatan penutup yang meliputi refleksi. Pada pelaksanaan kegiatan penutup guru tidak memberikan refleksi pembelajaran pada siswa dan tidak melakukan penyimpulan terhadap kegiatan pembelajaran secara keseluruhan. Penilaian yang dilakukan oleh guru MTs Negeri Malang 2 yaitu penilaian hasil sedangkan penilaian yang dilakukan oleh guru SMP Negeri 12 Malang yaitu penilaian penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dalam perencanaan sebaiknya guru memaparkan materi secara rinci dan lengkap. Sebaiknya guru mencantumkan materi tentang langkah-langkah dalam menanggapi cara pembacaan puisi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menanggapi cara pembacaan puisi serta contoh dalam menanggapi cara pembacaan puisi. Dalam pelaksanaan sebaiknya guru menggunakan metode yang memungkinkan siswa kritis dalam mengemukakan tanggapan. Dalam penilaian sebaiknya guru menjelaskan secara detail aspek dalam penilaian hasil yaitu (1) kekritisan (2) kelogisan (3) kelancaran (4) kesantunan serta (5) kejelasan. Peneliti lain disarankan untuk meneliti pembelajaran apresiasi sastra di sekolah lain sebagai perbaikan komponen perencanaan pelaksanaan dan penilaian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142873 |
Actions (login required)
View Item |