Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tahun 2012 / Rifca Farih Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tahun 2012 / Rifca Farih Azizah

Azizah, Rifca Farih (2013) Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tahun 2012 / Rifca Farih Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Rifca Farih. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur bagi Asing (BIPA) Program CLS (Critical Language Scholarship) Amerika di FS UM Tahun 2012. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs M. Pd (II) Dra. Hj. Ida Lestari M. Si. Kata Kunci Pembelajaran BIPA Program CLS (Critical Language Scholarship) BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) adalah istilah untuk program pembelajaran bahasa Indonesia yang dikhususkan untuk warga negara asing. Program BIPA menjadi populer dan semakin diminati sejak terbukanya perdagangan bebas. Akan tetapi hingga kini masih ditemukan perbedaan pendapat tentang cara mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing secara efektif. Sebab dalam praktiknya banyak ditemukan variasi strategi pembelajaran bahasa. Program CLS merupakan program beasiswa bahasa yang diberikan pemerintah Amerika kepada para mahasiswa di Amerika. Program tersebut merupakan salah satu program pembelajaran BIPA yang eksklusif karena menargetkan ketercapaian kemampuan komunikasi lisan pebelajarnya dalam waktu yang relatif singkat yakni delapan hingga sepuluh minggu. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan serta problematik pembelajaran BIPA pada program CLS Fakultas Sastra UM tahun 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan ancangan penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data verbal yang berupa hasil rekaman dokumen dan gambar yang diperoleh dari kegiatan pengumpulan data berupa kegiatan observasi dokumentasi dan wawancara pada program Critical Language Scholarship tahun 2012. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terlibat langsung dalam kegiatan pengumpulan penyelesaian serta penganalisisan data-data penelitian. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini diperiksa dengan teknik triangulasi sumber data dan teknik. Kegiatan analisis data dilakukan dua kali (1) analisis selama pengumpulan data dan (2) analisis setelah data terkumpul. Bentuk analisis kedua meliputi kegiatan pemeriksaan kembali data-data melakukan reduksi dan klasifikasi data menguji keabsahan temuan penyajian data dan interpretasi data sebagai proses terakhir. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan khusus hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terkait perencanaan dilakukan perancangan silabus dan pembentukan tata kelola. Perancangan silabus meliputi perumusan tujuan pembelajaran materi pendekatan metode dan teknik serta media dan alat evaluasi. Adapun terkait dengan tata kelola program meliputi penyiapan sarana prasarana perekrutan dan pelatihan guru tutor pemeranan komponen terkait penyiapan materi media pendistribusian kegiatan pembelajaran penyiapan rumah tinggal pemasangan dengan tutor penentuan kelas dan terakhir penyiapan tes penempatan dan juga wawancara. Kedua masalah pelaksanaan pembelajaran BIPA program CLS 2012 terbagi atas pembelajaran di kelas di luar kelas dan kelas pilihan. Pada kegiatan pembelajaran dalam kelas sebagian besar aktivitas berpusat pada pebelajar/student centered. Kegiatan pembelajaran di kelas telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran BIPA yang sudah teruji yakni contiquity repetition dan reinforcement. Pada pembelajaran di luar kelas ragam kegiatan meliputi kegiatan prereading penentuan objek tutorial pengajaran materi dengan pemberian konteks situasi nyata dan evaluasi. Terakhir pada kelas pilihan aktivitas pelatihan skill terkait dengan kebudayaan Indonesia terdiri atas kelas tari tradisional kuliner/memasak gamelan pencak silat dan membatik. Ketiga masalah problematik yang muncul dalam kegiatan pembelajaran BIPA program CLS 2012 meliputi dua kategori problematik. Pertama problematik dalam perencanaan yang meliputi perekrutan dan pelatihan guru dan tutor penyusunan silabus materi media dan evaluasi sarana dan prasarana yang kurang memadai dan masalah koordinasi dengan beberapa pihak yang kurang memahami hakikat program. Kedua problematik dalam pelaksanaan terbagi lagi dalam dua jenis yakni problem kebahasaan dan nonkebahasaan. Problem nonkebahasaan mencakup masalah penyesuaian pebelajar dengan lingkungan fisik dan sosial iklim belajar karakter dan penempatan kelas penempatan dalam rumah tinggal pemasangan dengan tutor dan kondisi psikologis yang fluktuatif. Sedangkan bentuk problem kebahasaan mencakup pelafalan aksen tata bahasa pemahaman dalam materi tertentu penguasaan dan penggunaan kosa kata serta kemampuan tutor dalam menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142846

Actions (login required)

View Item View Item