Pembelajaran menulis dan menyunting teks hasil observasi siswa kelas X SMKN 10 Malang / Yenita Ergianti Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis dan menyunting teks hasil observasi siswa kelas X SMKN 10 Malang / Yenita Ergianti Rosita

Rosita, Yenita Vergianti (2016) Pembelajaran menulis dan menyunting teks hasil observasi siswa kelas X SMKN 10 Malang / Yenita Ergianti Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosita Yenita Vergianti.2015. Pembelajaran Penulisan dan Penyuntingan Teks Hasil Observasi Kelas X SMKN 10 Malang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Widodo M.Pd (2) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Penilaian Menulis dan menyunting teks hasil observasi merupakan salah satu mata pelajaran di SMK Program Teknik Kendaraan Ringan . Pembelajaran ini digunakan untuk mengenal memahami dan mempraktikkan cara membuat teks laporan hasil observasi. Di dunia profesi apalagi SMK harus bisa membuat teks laporan hasil observasi. Hal ini dikarenakan jika setelah lulus SMK bekerja di bagian lapangan maka mereka harus menguasai teknik membuat teks laporan hasil observasi. Pembelajaran ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini meliputi (1) latar alamiah kontekstual (2) deskriptif (3) lebih mementingkan proses daripada hasil dan (4) hasil penelitian disepakati bersama antara peneliti dan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan penyebaran angket. Instrumen kunci yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti. Peneliti tidak memberikan perlakukan apa pun terhadap subyek penelitian. Artinya peneliti bertindak sebagai pengamat dengan partisipasi pasif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yakni (1) pedoman observasi (2) rubrik kualifikasi keterampilan menulis dan menyunting teks hasil observasi. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subjek uji coba sebagai berikut (1) Frekuensi setuju terhadap respon siswa dalam kegiatan pembelajaran sebesar 73 8 % (2) Frekuensi jawaban tidak setuju terhadap respon siswa dalam kegiatan pembelajaran sebesar 26 2 % (3) keaktifan peserta didik sebesar 84 1 % (4) Respon peserta didik sebesar 83 5 % dan (5) kreatifitas peserta didik sebesar 83 1 % Rata-rata perolehan nilai keseluruhan iii sebesar 83 56 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis dan menyunting teks hasil observasi kelas X SMKN 10 Malang program keahlian TKJ ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142608

Actions (login required)

View Item View Item