Strategi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA negeri favorit Kota Malang / Habib Zainal Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA negeri favorit Kota Malang / Habib Zainal Abidin

Abidin, Habib Zainal (2016) Strategi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA negeri favorit Kota Malang / Habib Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abidin H. Z. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Favorit Kota Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci strategi pengorganisasian penyampaian dan pengelolaan. Strategi pembelajaran merupakan rancangan langkah-langkah yang akan ditempuh oleh guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses belajar sesuai isi bidang studi. Semenjak ditetapkannya Kurikulum 2013 sebagai kurikulum pendidikan di Indonesia banyak ditemukan guru yang kesulitan dalam membuat rancangan strategi pembelajaran khusunya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Banyak guru yang belum mampu untuk merancang strategi pengorganisasian pengajaran strategi penyampaian pengajaran dan strategi pengelolaan pengajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana strategi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA negeri favorit dengan harapan dapat menjadi referensi bagi guru pemula dan guru sekolah-sekolah lain (non-favorit). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah SMA Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 1 Malang. Data penelitian terdiri data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah kegiatan pembelajaran di kelas guru dan dokumen (RPP) sementara sumber data sekunder adalah siswa. Data primer diperoleh melalui teknik observasi wawancara dan sudi dokumen sementara data sekunder diperoleh melalui kuisioner/angket. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra-lapangan tahap lapangan tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Teknik analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah diperoleh perlu diuji keabsahannya. Oleh karena itu dalam penelitia ini dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama strategi pengorganisasian pengajaran di SMA negeri favorit disusun dalam bentuk hierarki. Isi bidang studi dipilih dan diambil tidak hanya dari buku teks melainkan lebih banyak dari sumber-sumber lain. Isi bidang yang terpilih selanjutnya dielaborasi mengikuti pola umum ke khusus/mudah ke sulit. Kedua strategi penyampaian pengajaran di SMA negeri favorit disesuaikan dengan tahap-tahap elaborasi isi bidang yang telah dibuat. Model yang dipilih untuk menyampaikan isi bidang di antaranya adalah pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Sementara metode yang dipilih di antaranya adalah ceramah dan tanya jawab diskusi kelompok dan belajar mandiri. Ketiga srategi pengelolaan pengajaran di SMA negeri favorit meliputi empat aspek yaitu penjadwalan penggunaan strategi pengajaran yang dirancang sesuai dengan isi bidang studi dan kegiatan pembelajaran pembuatan catatan kemajuan belajar siswa yang meliputi aspek sikap pengetahuan/pemahaman dan keterampilan pengelolaan motivasi belajar siswa yang dilakukan melalui rangsangan pertanyaan/instruksi dan penjelasan kebermaknaan pembelajaran dan kontrol belajar siswa yang dilakukan melalui sanksi-sanksi positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat tiga saran yang perlu disampaikan kepada guru-guru terutama guru pemula dan guru sekolah lain (non-favorit) yaitu sebagai berikut. (1) Dalam memilih isi bidang studi yang akan diajarkan sebaiknya guru tidak hanya bergantung pada buku teks melainkan juga memperkaya dari sumber lain. Isi bidang studi diurutkan secara sistematis rinci dan jelas. (2) Dalam menyampaikan isi bidang studi sebaiknya guru menggunakan sintak model dan metode yang variatif tetapi tetap sesuai dengan isi dan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. (3) Dalam mengelola pengajaran sebaiknya guru memperhatikan empat hal yaitu penjadwalan penggunaan strategi pengajaran yang tepat pembuatan catatan kemajuan belajar siswa yang valid pengelolaan motivasional yang mampu meningkatkan minat belajar siswa dan kontrol belajar yang dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142506

Actions (login required)

View Item View Item