Harmiasih (2021) Efektivitas permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita ringan kelas ii di slb-bc dharma wanita 01 pakisaji / Harmiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Harmiasih. 2017. Efektivitas Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II Di SLB-BC Dharma Wanita 01 Pakisaji. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci Tunagrahita Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Permainan Engklek. Berdasarkan hasil KPL di SLB-BC Dharma Wanita 01 Pakisaji peneliti menemukan permasalahan pada anak tunagrahita kelas II yang terdapat informasi bahwa sebagian besar siswa di kelas rendah mengalami hambatan mengenal bilangan 1-10. Penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pada guru dalam pembelajaran siswa sebagai penunjang materi. Maka dari itu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan permainan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan kemampuan siswa tunagrahita dalam mengenal bilangan 1-10 sebelum menggunakan permainan engklek (2) mendiskripsikan kemampuan siswa tunagrahita dalam mengenal bilangan 1-10 setelah menggunakan permainan engklek (3) Mendiskripsikan efektivitas penggunaan permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita. Penelitian ini dirancang menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek yang digunakan adalah siswa tunagrahita kelas II dengan lembar kerja kemampuan mengenal bilangan 1-10. Untuk Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian sebelum diberikan intervensi kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada tingkat rendah dengan mean level 45 4% saat diberikan intervensi memiliki mean level sebesar 78 18% dan pada baseline-2 (A2) dengan mean level 68 125%. Presentase overlap menunjukan 0% yang artinya permainan engklek berpengaruh positif dalam kemampuan mengenal bilang 1-10 pada siswa tunagrahita kelas II di SLB-BC Dharma Wanita 01 Pakisaji. Kesimpulan penelitian ini menunjukan (1) pada kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswa termasuk dalam kategori rendah sebelum menggunakan permainan engklek (2) kemampuan mengenal bilangan 1-10 siswa mengalami peningkatan saat menggunakan permainan engklek (3) kemampuan mengenal bilangan 1-10 tetap stabil setelah menggunakan permainan engklek (4) permainan engklek berpengaruh positif dalam kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita kelas II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142404 |
Actions (login required)
View Item |