Nuriska, Nabillah Nuriska (2021) Pengaruh pembelajaran berbasis steam menggunakan media loose parts terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5—6 tahun / Nabillah Nuriska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Upaya pembaruan perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan pendidikan pada masa revolusi industri 4.0. Ketentuan yang terdapat dalam konteks pembelajaran dan penilaian abad 21 adalah anak harus menguasai keterampilan berpikir kritis kreatif kolaboratif serta komunikatif. Tantangan ini berlaku bagi semua sektor pendidikan termasuk PAUD. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan alternatif penyelesaian masalah yang ditawarkan oleh peneliti adalah melaksanakan pembelajaran berbasis STEAM menggunakan media loose parts untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak usia lima hingga enam tahun.Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan model desain one-group-pretest-posttest. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Sambirobyong Kabupaten Kediri yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Aplikasi yang digunakan pada proses analisis data adalah SPSS versi 26.0 for windows. Data hasil pretest menunjukkan anak mendapat skor rata-rata sebesar 20 93 skor terendah 13 dan skor maksimum 28. Data hasil posttest menunjukkan bahwa skor tertinggi yang didapat anak adalah 32 sedangkan skor terendah 25 dengan skor rata-rata 29 25 dan nilai standar deviasi 2 23. Hasil dari pengolahan data pada aplikasi SPSS diketahui nilai thitung sebesar -11 233. Nilai negatif menunjukkan bahwa skor posttest lebih besar dari skor pretest sehingga tanda negatif pada nilai t dapat diabaikan.. Nilai signifikansi yang ditetapkan sebesar 5% atau 0.05. Berdasarkan tabel distribusi t nilai ttabel yang didapat dari nilai df sebesar 15 dan nilai signifikansi sebesar 0 05 adalah 2.13145. Nilai thitung 11 233 Lebih besar dari nilai ttabel 2.13145. Kesimpulannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose parts berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Sambirobyong. Penelitian ini diharapkan dapat membawa manfaat untuk menginspirasi pelaksanaan pembelajaran yang menarik inovatif dan sesuai dengan tantangan pendidikan abad 21.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142286 |
Actions (login required)
View Item |