gaya belajar siswa di masa pandemi pada kelas iv sd negeri bunulrejo 3 kota malang / dela avela - Repositori Universitas Negeri Malang

gaya belajar siswa di masa pandemi pada kelas iv sd negeri bunulrejo 3 kota malang / dela avela

Avela, Dela Avela (2021) gaya belajar siswa di masa pandemi pada kelas iv sd negeri bunulrejo 3 kota malang / dela avela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Avela Dela. 2021. Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi pada Kelas IV SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muh Arafik S.Pd. M.Pd. (II) Titis Angga Rini S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Gaya Belajar di Masa Pandemi Sekolah Dasar Setiap siswa belajar dengan caranya sendiri atau biasa disebut dengan gaya belajar. Satu individu dengan individu yang lain memiliki cara belajar yang berbeda. Adapun kendala pembelajaran di masa pandemi salah satunya guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dikarenakan guru sebagai fasilitator dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satunya di SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang diketahui bahwa khususnya guru kelas IV kurang memahami kondisi siswanya dengan baik terkait gaya belajar siswa khususnya pada aspek visual auditori dan kinestetik. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara dengan guru tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa di masa pandemi agar dapat digunakan menjadi bahan pertimbangan guru saat mendesain pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner) gaya belajar siswa sebagai instrumen utama sedangkan observasi dan dokumentasi foto sebagai instrumen pendukung. Angket gaya belajar ini menggunakan jenis skala guttman. Proses analisis data yang digunakan dalam penelitian antara lain persiapan tabulasi data analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa gaya belajar siswa di masa pandemi pada kelas IV SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang dari 40 orang siswa yang paling dominan dimiliki oleh siswa dengan aspek gaya belajar visual. Sebaran frekuensi dan persentase pada gaya belajar visual masing-masing siswa ialah 16 orang siswa dengan persentase 40% dengan kategori kurang dari setengahnya yang berarti kurang dari setengahnya siswa kelas IV SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang memiliki gaya belajar visual. Selanjutnya pada gaya belajar auditori yakni 11 orang siswa dengan persentase 27 5% dengan kategori kurang dari setengahnya yang berarti kurang dari setengah siswa kelas IV SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang memiliki gaya belajar auditori. Lalu sebaran frekuensi dan persentase pada gaya belajar kinestetik masing-masing siswa ialah 13 orang siswa dengan persentase 32 5% dengan kategori kurang dari setengahnya yang artinya kurang dari setengah siswa kelas IV SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang memiliki gaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140841

Actions (login required)

View Item View Item