pengembangan alat evaluasi berbasis web tema 7 subtema 3 untuk menumbuhkan karakter mandiri pada siswa kelas v sdn gedog 1 kota blitar / muhammad farizal - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan alat evaluasi berbasis web tema 7 subtema 3 untuk menumbuhkan karakter mandiri pada siswa kelas v sdn gedog 1 kota blitar / muhammad farizal

Farizal, Muhammad Farizal (2021) pengembangan alat evaluasi berbasis web tema 7 subtema 3 untuk menumbuhkan karakter mandiri pada siswa kelas v sdn gedog 1 kota blitar / muhammad farizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengaitkan dua atau lebih muatan pelajaran menggunakan satu topik bahasan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilaksanakan di SDN Gedog 1 alat evaluasi pembelajaran yang digunakan guru masih terbatas pada penggunaan google form saja. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang tertarik dalam mengerjakan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan alat evaluasi berbasis web yang valid menurut ahli materi ahli alat evaluasi praktis menurut guru sebagai pengguna dan menarik bagi siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada alat evaluasi berbasis web tema 7 subtema 3 ini adalah menggunakan model Borg and Gall dengan sepuluh tahapan yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi masal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara antara lain observasi wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan bentuk persentase yang kemudian hasilnya dikategorikan. Analsis angket ahli materi ahli alat evaluasi dan pengguna menggunakan skala Likert. Sedangkan untuk angket respon siswa dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 89 29% dengan kategori sangat valid. Pada validasi ahli alat evaluasi mendapatkan hasil persentase sebesar 87 5% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan pengguna mendapatkan persentase 87 5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan persentase yang didapatkan menunjukkan bahwa alat evaluasi berbasis web tema 7 subtema 3 dapat digunakan tanpa revisi. Hasil kemenarikan yang didapatkan dari angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 99 45%. Hal tersebut menunjukkan bahwa alat evaluasi berbasis web sangat praktis dan menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat evaluasi berbasis web tema 7 subtema 3 untuk menumbuhkan karakter mandiri pada siswa kelas V valid menurut ahli materi dan ahli alat evaluasi praktis menurut guru sebagai pengguna serta menarik menurut siswa. Saran untuk guru adalah lebih mempelajari teknologi agar mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat mengembangkan alat evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Selain itu siswa diharapkan menyiapkan perangkat dan jaringan yang memadai agar dapat mengakses dan menggunakan alat evaluasi berbasis web secara maksimal tanpa menemui kendala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140825

Actions (login required)

View Item View Item