analisis problematika pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian siswa kelas ii sdn bulusari 1 kecamatan gempol kabupaten pasuruan / dyah kurnia estika rini - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis problematika pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian siswa kelas ii sdn bulusari 1 kecamatan gempol kabupaten pasuruan / dyah kurnia estika rini

Dyah Kurnia Estika Rini (2021) analisis problematika pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian siswa kelas ii sdn bulusari 1 kecamatan gempol kabupaten pasuruan / dyah kurnia estika rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran dilaksanakan secara daring dari rumah siswa kurang menguasai perkalian dan sulit menghafal perkalian dalam masa pembelajaran daring dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika perencanaan pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian menganalisis problematika pelaksanaan pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian menganalisis problematika evaluasi pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang nantinya akan membuat deskripsi-deskripsi yang dapat memberikan gambaran mengenai problematika pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian. Data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Selain menganalisis data peneliti juga menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian siswa kelas II SDN Bulusari 1 Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan belum berjalan dengan maksimal. Problematika dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran daring materi konsep dasar perkalian yaitu guru belum mengembangkan materi perkalian metode pembelajaran daring kurang bervariasi kurang penggunaan media daring materi perkalian guru tidak menerapkan model pembelajaran. Kedua dari aspek pelaksanaan pembelajaran daring materi konsep dasar perkalian yang meliputi guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran siswa kesulitan dalam menghafal perkalian kurangnya minat dan motivasi siswa kurangnya antusias dan keaktifan siswa siswa terkendala dalam hal kuota. Ketiga dari aspek penilaian/evaluasi pembelajaran daring materi konsep dasar perkalian yaitu guru hanya melaksanakan penilaian dari tugas sehari-hari yang dikirim di whatsapp. Guru juga mengalami kendala dalam penilaian evaluasi materi perkalian terhadap beberapa siswa yang mengalami keterlambatan dalam pengumpulan tugas. Hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman kepada guru tentang pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian serta menjadi referensi bagi mahasiswa untuk membahas kajian penelitian tentang problematika pembelajaran daring matematika materi konsep dasar perkalian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140823

Actions (login required)

View Item View Item