Annisa, Juni Nur Annisa (2021) pengembangan modul berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia pada materi pecahan di kelas iii sekolah dasar / juni nur annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Annisa Juni Nur. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Pecahan di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd M.Pd. (II) Dr. Erif Ahdhianto S.Pd M.Pd. Kata Kunci modul pecahan PMRI. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia memiliki dua model yaitu dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring). Dalam PJJ model luring salah satunya dapat memanfaatkan modul belajar mandiri. Pada pelaksanaan PJJ di lapangan pemanfaatan modul dalam pembelajaran belum dapat terlaksana di beberapa sekolah. Hal tersebut menjadikan beberapa kendala seperti tugas yang dikerjakan orang lain kesulitan memahami materi dan orang tua yang tidak dapat mendampingi proses belajar karena harus bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan PMRI pada materi pecahan di kelas III Sekolah Dasar yang valid dan praktis digunakan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Borg amp Gall yang dibatasi pada uji coba lapangan terbatas. Penelitian ini diawali dengan tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal perencanaan pengembangan format produk awal uji coba awal (validasi ahli) revisi uji coba lapangan (terbatas) dan revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli dan uji coba lapangan terbatas. Instrumen yang digunakan adalah pedoman angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul berbasis pendekatan PMRI pada materi pecahan di kelas III Sekolah Dasar yang telah divalidasi oleh ahli materi dan media. Produk tersebut diujicoba untuk mengukur nilai kepraktisannya. Hasil validasi memperoleh nilai sebesar 85 5% dengan kategori sangat valid. Nilai tersebut diperoleh dari validasi materi sebesar 84% dengan nilai tertinggi dari aspek kesesuaian materi dan hasil validasi media sebesar 87% dengan nilai tertinggi dari aspek sistematika. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai 86 5% dengan kategori sangat praktis. Nilai tersebut diperoleh dari uji kepraktisan guru sebesar 83% dan hasil uji kepraktisan siswa sebesar 90%. Dengan perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pendekatan PMRI pada materi pecahan di kelas III Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140779 |
Actions (login required)
View Item |