pengembangan bahan ajar berbasis modul virtual pada subtema peristiwa mengisi kemerdekaan di kelas v sdn nguling 1 kabupaten pasuruan / farah lusia firdayani - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan bahan ajar berbasis modul virtual pada subtema peristiwa mengisi kemerdekaan di kelas v sdn nguling 1 kabupaten pasuruan / farah lusia firdayani

Firdayani, Farah Lusia Firdayani (2021) pengembangan bahan ajar berbasis modul virtual pada subtema peristiwa mengisi kemerdekaan di kelas v sdn nguling 1 kabupaten pasuruan / farah lusia firdayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Nguling 1 Kabupaten Pasuruan ditemukan masalah antara lain bahan ajar yang digunakan terbatas pada buku tematik Kurikulum 2013 serta LKS sebagai pendamping materi pada bahan ajar kurang lengkap khusunya pada muatan PPKn dan IPS kondisi peserta didik yang overload membuat guru pengajar merasa sulit dalam penyampaian materi karena hanya menggunakan buku tematik dan lks saja. Untuk itu perlu penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis modul virtual pada subtema peristiwa mengisi kemerdekaan di kelas V SDN Nguling 1 Kabupaten Pasuruan yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru sebagai pengguna praktis menurut guru sebagai pengguna dan menarik menurut peserta didik. Penelitian dan pengembangan menggunakan model R amp D oleh Borg amp Gall dari Sugiyono (2016 408). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk final. Teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Analisis angket ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna menggunakan skala Likert dan angket respon peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Pada validasi ahli bahan ajar diperoleh rata-rata skor sebesar 87 5% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan guru sebagai pengguna memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba produk sebesar 92 5% dan pada uji coba pemakaian sebesar 95 3% dengan kategori sangat menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk bahan ajar berbasis modul virtual pada subtema peristiwa mengisi kemerdekaan sangat valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru sebagai pengguna praktis menurut guru sebagai pengguna dan menarik menurut peserta didik. Kelebihan dari produk ini adalah desain yang menarik materi yang singkat dan jelas terdapat latihan soal dan soal evaluasi terdapat video yang dibuat oleh peneliti sendiri dan gambar yang berkaitan dengan materi serta kegiatan untuk menghitung sendiri hasil skor dari soal evaluasi yang telah dikerjakan untuk mengembangkan karakter mandiri peserta didik. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu melakukan pembaharuan dan pengembangan lebih luas pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140776

Actions (login required)

View Item View Item