pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn 01 tawangrejo kota madiun / yekti ayu kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn 01 tawangrejo kota madiun / yekti ayu kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Yekti Ayu Kusumaningtyas (2021) pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn 01 tawangrejo kota madiun / yekti ayu kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang ditemui berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun media pembelajaran yang digunakan berupa video yang berasal dari Youtube siswa merasa kesulitan untuk mengaksesnya karena membutuhkan jaringan internet yang kuat selain itu penerapan karakter mandiri di kelas V SDN 01 Tawangrejo Kota Madiun ini masih belum maksimal karena banyak siswa yang masih mencontek dan masih ada siswa yang ketika mengerjakan tugas dari rumah tidak dikerjakan sendiri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran yang valid menurut ahli materi ahli media dan praktis menurut guru serta siswa dan dapat digunakan oleh siswa secara mandiri. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan milik ADDIE yang menggunakan lima langkah penelitian. Yang terdiri dari analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali dengan skala besar dan kecil. Uji coba dilakukan secara luring atau tatap muka dengan subjek uji coba pada skala kecil 3 siswa dan skala besar 13 siswa. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara angket observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala kepraktisan dan kevalidan Hasil validasi dari para ahli diperoleh pada ahli materi sebesar 93 75% dapat dikategorikan produk sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi ahli media mendapat sebesar 87 50% dapat dikategorikan produk sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada penilaian uji kepraktisan oleh guru diperoleh hasil 100% dengan kategori sangat praktis. Pada penilaian uji kepraktisan oleh siswa yang dilakukan sebanyak 2 kali yaitu skala kecil diperoleh hasil 100% dengan kategori sangat praktis serta presentase karakter mandiri sebesar 91 67% dan uji coba skala besar diperoleh hasil 100% dengan kategori sangat praktis serta presentase karakter mandiri sebesar 94 23%. Dari keseluruhan penilaian hasil validasi dan uji kepraktisan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline valid dan sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan penilaian tersebut produk media pembelajaran interaktif valid dan praktis untuk digunakan. Produk media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada kelas V SD. Diharapkan produk media pembelajaran interaktif ini dapat ditindaklanjuti dengan mengetahui keefektifan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140769

Actions (login required)

View Item View Item