pengembangan multimedia pembelajaran berbasis articulate storyline pada materi siklus air dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn bendogerit 1 kota blitar / zumrotul maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan multimedia pembelajaran berbasis articulate storyline pada materi siklus air dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn bendogerit 1 kota blitar / zumrotul maulida

Maulida, Zumrotul Maulida (2021) pengembangan multimedia pembelajaran berbasis articulate storyline pada materi siklus air dengan penguatan karakter mandiri di kelas v sdn bendogerit 1 kota blitar / zumrotul maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Bendogerit 1 kota Blitar menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi masih jarang digunakan. Selain itu terdapat materi yang abstrak dan cukup sulit dijelaskan kepada siswa yaitu materi siklus air. Siswa memerlukan multimedia pembelajaran yang menarik untuk mendukung siswa belajar secara mandiri selama pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi siklus air untuk siswa kelas V SD yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna serta menarik bagi siswa. Penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline menggunakan model ADDIE. Tahapan dalam penelitiannya meliputi analysis (analisis) design (desain atau perancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Analisis meliputi analisis kebutuhan kurikulum dan karakteristik siswa. Tahap desain dimulai dari merancang komponen hingga merancang tampilan awal produk. Tahap pengembangan meliputi pembuatan produk validasi produk dan revisi produk. Selanjutnya pada tahap implementasi yaitu produk diuji coba sebanyak dua kali. Langkah terakhir adalah evaluasi dari hasil angket respon siswa terhadap penggunaan produk. Hasil pengolahan data menunjukkan hasil uji kevalidan produk oleh ahli materi sebesar 93 75% ahli media sebesar 87 5% dan pengguna sebesar 100% sehingga diperoleh rata-rata kevalidan sebesar 93 75% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan produk oleh ahli media pengguna dan respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kemenarikan produk oleh ahli media sebesar 100% dan respon siswa sebesar 97 4% sehingga diperoleh rata-rata sebesar 98 7% dengan kategori sangat menarik. Sedangkan hasil penilaian karakter mandiri memperoleh rata-rata sebesar 100%. Disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi siklus air dengan penguatan karakter mandiri di kelas V SDN Bendogerit 1 kota Blitar dinyatakan sangat valid oleh ahli materi ahli media dan pengguna. Sangat parktis menurut ahli media pengguna dan siswa serta sangat menarik menurut ahli media dan siswa. Sehingga produk layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140738

Actions (login required)

View Item View Item