pengaruh quizizz terhadap hasil belajar siswa materi karakteristik anggota tata surya kelas vi di sdn 1 bolorejo tulungagung / fitria febiani - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh quizizz terhadap hasil belajar siswa materi karakteristik anggota tata surya kelas vi di sdn 1 bolorejo tulungagung / fitria febiani

Febiani, Fitria Febiani (2021) pengaruh quizizz terhadap hasil belajar siswa materi karakteristik anggota tata surya kelas vi di sdn 1 bolorejo tulungagung / fitria febiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan guru untuk menciptakan kondisi belajar yang inovatif dan interaktif pada pembelajaran daring. Masalah yang dihadapi saat pembelajaran daring berdasarkan hasil wawancara yaitu masih ada siswa yang tidak dapat mengumpulkan tugas tepat waktu. Hasil belajar siswa dengan evaluasi konvensional cenderung bagus-bagus bahkan nilai sempurna. Sehingga menimbulkan dugaan bahwa evaluasi konvensional bukan murni dikerjakan oleh siswa. Hal ini didukung dengan adanya jawaban hasil salinan dari internet. Maka perlu dilakukan penelitian tentang penilaian yang bisa mengungkap hasil belajar siswa dengan menggunakan Quizizz. Sehingga campur tangan pihak lain dapat diminimalkan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh Quiziz terhadap hasil belajar dengan membandingkan hasil belajar siswa antara menggunakan evaluasi konvensional (paper and pencil) dengan menggunakan evaluasi berbasis kuis (Quizizz). Penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental Intact Group Comparison. Pada desain ini terdapat satu kelompok besar yang digunakan untuk penelitian kemudian dibagi dua yaitu untuk kelompok kontrol (tanpa perlakuan) dan untuk kelompok eksperimen (dengan perlakuan). Setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan pengukuran kepada dua kelompok tersebut. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN 1 Bolorejo Tulungagung dengan jumlah siswa 34 orang. Maka setiap kelompok terdiri dari 17 siswa. Olah data menggunakan uji t diperoleh hasil yaitu t hitung sebesar 2 220. Sedangkan nilai t tabel pada df 32 sebesar 2 037. Maka dapat dilihat bahwa t hitung gt t tabel. Selanjutnya sig (2-tailed) menunjukkan angka sebesar 0 034 maka 0 034 lt 0 05 artinya terdapat pengaruh. Jika ditinjau dari banyaknya nilai ge 64 (nilai KKM) maka kelompok eksperimen lebih unggul daripada kelompok kontrol. Kelompok ekperimen memiliki enam nilai di atas KKM sedangkan kelompok kontrol hanya memiliki dua nilai di atas KKM. Hal ini juga menunjukkani bahwa Quizizz berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar gunanya untuk menganalisis kemajuan siswa dalam pembelajaran serta mengukur keberhasilan pembelajaran. Dari permasalahan yang ada didapatkan alternatif solusi yaitu Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran sehingga guru dapat mengetahui perkembangan pengetahuan siswa setiap harinya. Maka diperoleh hasil akhir bahwa Quizizz secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa materi Karakteristik Anggota Tata Surya Kelas VI di SDN 1 Bolorejo Tulungagung. Disarankan kepada peneliti selanjutnya bahwa penelitian ini perlu diujicobakan kembali dengan subjek materi ajar situasi dan kondisi yang berbeda agar semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140737

Actions (login required)

View Item View Item