pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire materi peristiwa kedatangan bangsa barat dengan penguatan karakter cinta tanah air kelas v sdn ngadri 02 kabupaten blitar / honggo purbo wiratno - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire materi peristiwa kedatangan bangsa barat dengan penguatan karakter cinta tanah air kelas v sdn ngadri 02 kabupaten blitar / honggo purbo wiratno

Wiratno, Honggo Purbo Wiratno (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire materi peristiwa kedatangan bangsa barat dengan penguatan karakter cinta tanah air kelas v sdn ngadri 02 kabupaten blitar / honggo purbo wiratno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring akibat penyebaran Covid-19. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa kegiatan pembelajaran saat ini dilaksanakan dengan secara daring melalui Whatsapp grup dengan cara mengirimkannya materi dalam bentuk foto. Adapun guru mengalami kesulitan dalam menyampaiakan materi peristiwa kedatangan bangsa barat muatan IPS dikarenakan cakupan materi yang luas serta belum tersedianya media yang sesuai. Tujuan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang valid menurut ahli materi ahli media guru atau pengguna serta menarik menurut peserta didik yang dapat meningkatkan hasil belajar dan membentuk karakter cinta tanah air peserta didik. Pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire ini mengacu pada model Borg and Gall dengan tahapan yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi produk revisi produk uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi massal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara angket observasi dan dokumentasi. Analisis angket ahli menggunakan skala Likert. Angket respon peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil validasi ahli materi memperoleh peresentase 93 75% yang termasuk kategori sangat valid. Validasi ahli media memperoleh peresentase 91 6% yang termasuk kategori sangat valid. Validasi pengguna memperoleh peresentase 100% yang termasuk kategori sangat valid. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil kemenarikan peserta didik pada uji coba produk mendapatkan peresentase 100% yang termasuk kategori sangat menarik. Pada uji coba pemakaian mendapatkan peresentase 98 2% yang termasuk kategori sangat menarik. Pada kegiatan uji coba dilakukan observasi karakter cinta tanah air dan mendapatkan hasil bahwa media pembelajaran berbasis lectora inspire sudah membentuk karakter cinta tanah air pada peserta didik Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis lectora inspire materi peristiwa kedatangan bangsa barat dengan penguatan karakter cinta tanah valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna serta menarik menurut peserta didik. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire hendaknya dikembangkan pada materi lainya juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140728

Actions (login required)

View Item View Item