Elka Dewi Septina Putri (2021) analisis kesalahan penyelesaian soal cerita bertipe hots materi bangun ruang menggunakan newman error analysis (nea) pada siswa kelas v di kota blitar / elka dewi septina putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bangun ruang merupakan salah satu materi matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa masih banyak yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang terlebih yang bertipe HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan letak kesalahan siswa kelas V di Kota Blitar dalam menyelesaikan soal cerita bertipe HOTS materi bangun ruang berdasarkan prosedur Newman. Newman menyatakan ketika seseorang menjawab soal cerita maka orang tersebut harus mampu melewati beberapa rintangan yang berurutan yaitu membaca masalah (reading) memahami masalah (comprehension) transformasi masalah (transformation) proses penyelesaian (process skill) dan penulisan kesimpulan (encoding). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sentul 3 SDN Sukorejo 1 dan SDN Gedog 3 dengan jumlah 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis berupa 6 soal cerita bertipe HOTS materi bangun ruang. Soal tes diujikan kepada siswa untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Nilai yang didapat siswa ketika tes tulis digunakan untuk mengkategorikan siswa menjadi kategori tinggi sedang dan rendah. Peneliti menentukan 2 siswa dari masing-masing kategori untuk diwawancarai. Selanjutnya data dianalisis mulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan siswa SDN Sentul 3 dalam menyelesaikan soal cerita bertipe HOTS materi bangun ruang berdasarkan prosedur Newman termasuk kategori tinggi yaitu antara 14%-78% persentase kesalahan siswa SDN Sukorejo 1 termasuk kategori tinggi yaitu antara 22%-80% persentase kesalahan siswa SDN Gedog 3 termasuk kategori sangat tinggi yaitu antara 20%-79%. Kesimpulan yang diperoleh kesalahan siswa di Kota Blitar termasuk kategori tinggi yaitu 52%. Dari lima tahapan Newman hanya ada satu tahapan yang persentase kesalahannya termasuk kategori rendah yaitu tahap membaca soal sebesar 19%. Tahap memahami masalah dan keterampilan proses termasuk kategori tinggi yaitu 44% dan 53%. Tahap transformasi masalah dan penulisan jawaban akhir termasuk kategori sangat tinggi yaitu 64% dan 79%. Kesalahan siswa disebabkan karena siswa bingung memahami soal cerita lupa bagaimana penyelesaiannya dan salah menghitung. Berdasarkan hasil analisis maka guru sebaiknya sering memberi latihan soal cerita kepada siswa memberi latihan soal bertipe HOTS dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa ditambah dengan alat peraga untuk menambah pemahaman siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140726 |
Actions (login required)
View Item |