Winendar, Luluk Dyah Winendar (2021) Pengembangan buku teks pendamping matematika berbasis qr code sebagai alternatif bahan ajar materi bangun datar pada siswa kelas iv sd / Luluk Dyah Winendar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar pokok yang digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar adalah buku siswa dan buku guru yang dikemas dalam pembelajaran tematik.Akan tetapi khusus pada muatan pelajaran matematika pada peserta didik kelas IV V dan VI bahan ajar yang digunakan tidak jadi satu dalam pembelajaran tematik yang menggunakan buku siswa dan buku guru melainkan ada buku lain yang digunakan sebagai bahan ajar pokok. Pemerintah tidak mengkhususkan buku yang digunakan jadi setiap sekolah memiliki buku pokok matematika yang berbeda-beda. Namun buku pokok matematika yang digunakan selama ini masih memiliki beberapa kekurangan seperti materi yang sedikit tampilan tidak menarik dan soal-soal yang tidak relevan dengan kemampuan peserta didik. Oleh karena itu diperlukan buku yang dapat menjadi pendamping dari buku pokok tersebut. Sebenarnya sudah banyak buku pendamping yang beredar dipasaran akan tetapi buku tersebut masih kurang menarik minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan buku teks pendamping matematika berbasis QR code yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna serta praktis digunakan oleh peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat 5 tahap penelitian yakni (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) penerapan dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Dukuh 1 Kabupaten Kediri. Produk buku teks pendamping yang dikembangkan memuat materi bangun datar dengan susunan materi yang lebih lengkap dan tampilan yang menarik. Selain itu buku teks dilengkapi dengan video pembelajaran yang terdapat pada QR Code. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapatkan tingkat validitas produk sebesar 81 25% dan masuk dalam kategori cukup valid. Hasil validasi oleh ahli bahan ajar didapatkan tingkat validitas produk sebesar 87 5% yang masuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil validasi oleh pengguna yaitu guru kelas IV SDN Dukuh 1 didapatkan hasil validitas produk sebesar 95% yang termasuk kedalam kategori sangat valid. Respon peserta didik pada uji coba terbatas memberikan nilai 93 75% dan masuk pada kategori sangat praktis. Kemudian pada saat uji coba keseluruhan menunjukkan hasil praktis sebesar 95% dan masuk kedalam kategori sangat praktis. Adapun komentar dan saran yang didapatkan pada saat uji coba yaitu peserta didik merasa senang menggunakan buku teks pendamping ini karena tampilannya menarik full color dan peserta didik dapat mengakses video pembelajaran dengan mudah melalui QR Code. Buku teks pendamping yang disusun dapat dimanfaat dengan baik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui rata-rata nilai pengerjaan soal evaluasi yang cukup tinggi yaitu sebesar 86 6 pada uji coba terbatas dan 89 5 pada uji coba keseluruhan. Nilai rata-rata pada soal evaluasi ini sudah cukup tinggi dibandingkan dengan KKM muatan pelajaran matematika yaitu 75. Saran perbaikan dari peserta didik adalah menambahkan beberapa gambar agar buku semakin menarik ada beberapa soal yang cukup sulit dan masih terdapat kesalahan pengetikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku teks pendamping matematika berbasis QR Code ini masuk ke dalam kategori valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140723 |
Actions (login required)
View Item |