Pengembangan modul berbasis pendekatan steam pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas v di sdn durungbanjar / Muhammad Gerits Albidillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis pendekatan steam pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas v di sdn durungbanjar / Muhammad Gerits Albidillah

Albidillah, Muhammad Gerits Albidillah (2021) Pengembangan modul berbasis pendekatan steam pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas v di sdn durungbanjar / Muhammad Gerits Albidillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa guru dan peserta didik hanya memakai referensi buku paket tematik yang diberikan oleh pemerintah sebagai sumber dan bahan belajar. Hasil wawancara menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi yang diakibatkan karena beberapa materi pada buku yang ada tidak menjelaskan secara rinci. Penelitian ini mengembangkan modul sebagai sumber dan bahan belajar dengan menggunakan pendekatan STEAM. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan STEAM yang layak menurut ahli media pembelajaran ahli materi pembelajaran dan pengguna guru serta peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil pengembangan berupa produk modul berbasis pendekatan STEAM pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SD. Modul ini berisikan materi tema 6 panas dan perpindahannya. Modul berukuran A4 ini terdiri dari tujuan petunjuk penggunaan kompetensi dasar isi pembelajaran LKPD soal evaluasi dan kunci jawaban. Modul ini juga menggunakan pendekatan STEAM yang berisi tentang pengetahuan percobaan dan peserta didik akan mencari alasan tentang suatu teori. Berdasarkan evaluasi formatif kepada ahli media pembelajaran diperoleh persentase 90 6% dari ahli materi pembelajaran diperoleh persentase 78 1% dari uji coba kepada guru diperoleh persentase 95 4%. Uji coba pengguna kepada 6 peserta didik diperoleh persentase 87 5%. Berdasarkan persentase penilaian evaluasi formatif dari para ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan STEAM dikategorikan sebagai modul pembelajaran yang layak sehingga dapat digunakan sebagai sumber dan bahan belajar dalam kegiatan pembelajaran. Modul tematik berbasis pendekatan STEAM dapat dijadikan sebagai penunjang dalam pembelajaran tema 6 panas dan perpindahannya untuk kelas V sekolah dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan modul dengan cakupan isi tema selanjutnya. Peneliti lain juga dapat menggunakan pendekatan lain sesuai dengan kebutuhan selain menggunakan pendekatan STEAM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140676

Actions (login required)

View Item View Item