Amaliah, Phuty Umul Amaliah (2021) hubungan antara manajemen proses pembelajaran di era pandemi covid-19 dan motivasi kerja guru di sma negeri se-kabupaten dompu / phuty umul amaliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Amaliah Phuty Umul. 2021. Hubungan antara Manajemen Proses Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 dan Motivasi Kerja Guru di SMA Negeri se-Kabupaten Dompu. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd. (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata Kunci manajemen pembelajaran motivasi kerja Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan sebelum melaksanakan pembelajaran pengorgganisasian pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat manajemen pembelajaran di era pandemi covid-19 (2) tingkat motivasi kerja guru (3) hubungan antara manajemen pembelajaran di era pandemi covid-19 dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se- Kabupaten Dompu. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban dikarenakan menyesuaikan dengan keadaan dilapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan statistik deskriptif product moment pearson dengan regeresi sederhana. Populasi sebanyak 606 orang guru dari 13 SMA Negeri se- Kabupaten Dompu. Hasil penelitian menggambarkan (1) Tingkat manajemen proses pembelajaran di era pandemi covid-19 yang berada pada rentang nilai 173 57 ndash 188 69 tergolong dalam kategori sedang (2) Tingkat motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Dompu yang berada pada rentang nilai 46 96 -50 37 berada dalam kategori sedang (3) Terdapat hubungan antara manajemen proses pembelajaran di era pandemi covid-19 Berdasarkan hasil pengujian dengan menunjukan nilai Pearson Corelation 0 658 dengan nilai signifikansi 0 000 gt 0 05. Kesimpulan pada penelitian ini (1) Tingkat manajemen proses pembelajaran di era pandemi covid-19 yang berada pada rentang nilai 173 57 ndash 188 69 tergolong dalam kategori sedang (2) Tingkat motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Dompu yang berada pada rentang nilai 46 96 -50 37 berada dalam kategori sedang (3) Terdapat hubungan antara manajemen proses pembelajaran di era pandemi covid-19 dan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kabupaten Dompu. Berdasarkan hasil pengujian dengan menunjukan nilai Pearson Corelation 0 658 dengan nilai signifikansi 0 000 gt 0 05. Berdasarkan simpulan penelitian peneliti merekomendasikan (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dompu diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kepedulian dan perhatian dinas pendidikan terhadap kepala sekolah terutama menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dengan cara memberikan pelatihan dukungan dan bantuan fasilitas kepada kepala sekolah se- Kabupaten Dompu sehingga kepala sekolah dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya salah satunya menjadi patner kerja guru dan bisa mengevaluasi manajemen pembelajaran guru dan motivasi kerja guru dengan baik (2) Kepala SMA Negeri se-Kabupaten Dompu diharapkan Kepala SMA Negeri di Kabupaten Dompu meningkatkan motivasi guru dalam pembelajaran secara daring bisa melalui pemotivasian secara langsung oleh kepala sekolah menyelenggarakan pelatihan motivasional penciptaan hubungan kerja yang harmonis kondisi kerja yang menyenangkan dan pemberian reward (3) Guru di SMA Negeri se- Kabupaten Dompu hendaknya meningkatkan perencanaan penggorganisasian pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran secara daring dengan mengadakan evaluasi kinerja sejawat dan konsultasi dengan kepala sekolah dan pengawas (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM dan civitas akademik administrasi pendidikan dapat mengembangkan penelitian ini guna pengembangan ilmu manajemen dimasa pandemi (5) Penelitian lain penelitian ini memberikan informasi bahwa manajemen proses pembelajaran dan motivasi kerja guru mempunyai hubungan yang signifikan. Berdasarkan variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini hanya menggunakan 2 (dua) variabel saja untuk itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menambah variabel bebas sehingga dapat diketahui faktor lain yang juga mempengaruhi secara signifikan terhadap manajemen pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140582 |
Actions (login required)
View Item |