Aditama, Tio Yoga (2020) Pengembangan multimedia interaktif biologi pokok bahasan sistem pernapasan manusia pada siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kepanjen Kab. Malang / Tio Yoga Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yoga Aditama Tio. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Susilaningsih M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi SMP Sistem Pernapasan Manusia Multimedia interaktif adalah suatu media dengan penggabungan dari berbagai unsur media seperti teks grafik gambar animasi video dan suara secara berkala siswa diberikan interaksi penuh untuk mengendalikan sendiri apa yang siswa pelajari karena multimedia ini bersifat interaktif. Terdapat materi yang dijelaskan melalui teks gambar audio serta animasi agar materi sistem pernapasan manusia bisa lebih efektif. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif yang valid sebagai sumber belajar yang efektif dan menarik untuk mata pelajaran Biologi pokok bahasan sistem pernapasan manusia kelas VIII. Pengembangan Multimedia ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee W.W. Owens D.L. adapun langkah-langkah pengembangannya yaitu analisis kebutuhan analisis awal-akhir desain pengembangan dan implementasi serta evaluasi. Subjek yang dituju dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kepanjen Kab. Malang. Multimedia pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media serta pada ujicoba kelompok kecil sebanyak 5 orang dan uji lapangan sebanyak 30 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil validasi multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli materi didapatkan skor prosentase sebesar 85% ahli media sebesar 86 25% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 88 75% dan uji lapangan didapat skor presentase 86 66 %. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia interaktif ini dinyatakan efektif hal ini terbukti dari skor tes hasil belajar jumlah siswa yang memenuhi KKM ( 8805 70) didapat prosentase sebesar 80% setelah penggunaan multimedia interaktif dan multimedia interaktif dikatakan efektif jika minimal 80% dari jumlah siswa mencapai hasil belajar tuntas. Disarankan untuk pengembang selanjutnya bisa mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif ini lebih baik lagi tepat guna tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140555 |
Actions (login required)
View Item |