Fabiola Irsalina Rahmadanti (2021) persepsi guru mengenai gamifikasi dalam pembelajaran reading comprehension / fabiola irsalina rahmadanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gamification atau gamifikasi didefinisikan sebagai penggunaan elemen desain game dalam konteks non-game. Penerapan gamifikasi dalam pembelajaran di sekolah masih belum diterapkan secara menyeluruh dikarenakan hambatan berupa kurangnya waktu kurangnya pelatihan dan kurangnya dukungan finansial Sebuah studi mengungkapkan bahwa gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan reading comprehension siswa dibandingkan menggunakan strategi konvensional seperti ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai gamifikasi dalam pembelajaran reading comprehension. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMP dan SMA sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian guru-guru telah mengetahui dan menerapkan gamifikasi dalam pembelajaran (skor 78%) mengetahui dan menyadari pentingnya mengajarkan reading comprehension kepada siswa (skor 94%) dan telah menerapkan gamifikasi dalam pembelajaran reading comprehension walaupun hanya menggunakan beberapa unsur gamifikasi seperti papan nilai dan hadiah (skor 76%).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140537 |
Actions (login required)
View Item |