Febrianti, Elviana Febrianti (2021) pengembangan aplikasi arts (articulate storyline) pada materi nilai-nilai budaya masa praaksara di indonesia untuk kelas vii smp / elviana febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sudah mengubah berbagai bidang aktivitas manusia tanpa terkecuali di bidang pendidikan. Berbagai pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan dituntut harus menguasai teknologi. Guru sebagai fasilitator dituntut harus menguasai teknologi untuk mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dengan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran mempermudah guru dalam menyalurkan materi pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi mudah dipahami peserta didik. Guru juga harus memilih media pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran semakin nyata konkret menarik menyenangkan dan efektif. Aplikasi ARTS dibuat dengan kekhasan materi agar pembelajaran menjadi menyenangkan. Tujuan dari pengembangan yaitu (1) Menghasilkan produk aplikasi ARTS sebagai media pembelajaran pada materi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia untuk kelas VII SMP (2) Mengetahui kelayakan aplikasi ARTS yang digunakan sebagai media pembelajaran materi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia untuk kelas VII SMP (3) Mengetahui keefektifan aplikasi ARTS yang digunakan sebagai media pembelajaran materi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia untuk kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan Lee amp Owens. Langkah-langkah yang dilakukan penilaian dan analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Validasi dilakukan kepada tim validator kemudian diujicobakan kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Hasil uji coba lapangan aplikasi ARTS materi Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia memperoleh secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat layak yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran ini didasarkan pada penilaian oleh ahli media dengan kriteria sangat layak (96 31%) penilaian oleh ahli materi dengan kriteria sangat layak (92 18%) angket respon peserta didik dengan kriteria hasilnya sangat baik (96 62%) dan keefektifan media pembelajaran memperoleh kriteria nilai sangat efektif dengan perbandingan nilai pretest (76) lebih rendah dari nilai posttest (93). Berdasarkan penelitian dan pengembangan aplikasi ARTS terdapat beberapa saran penelitian lebih lanjut dengan mengutamakan kemampuan desain grafis agar menciptakan aplikasi yang lebih kreatif menambahkan fitur game agar lebih bervariasi dan membuat peserta didik tidak cepat merasa jenuh mengunggah aplikasi pada play store dan sebagai bahan untuk mengukur tingkat efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran dengan memberikan perlakuan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140502 |
Actions (login required)
View Item |