Atqiya, Nurul (2020) Eksplorasi Argumentasi dan penalaran ilmiah siswa pada materi hukum newton tentang gerak dengan pembelajaran argument driven inquiry for stem education/ Nurul Atqiya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah mendorong siswa agar terbiasa mempraktikkan kegiatan ilmiah seperti merencanakan dan melakukan penyelidikan menganalisis dan menafsirkan data serta mengkomunikasikannya secara ilmiah. Oleh karena itu argumentasi ilmiah perlu dikembangkan di dalam diri siswa. Selain itu standar pendidikan fisika abad ke-21 menekankan penalaran ilmiah sebagai salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa argumentasi dan penalaran ilmiah siswa masih kurang. Beberapa hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran argument-driven inquiry dapat meningkatkan argumentasi ilmiah siswa namun hanya sedikit yang mengungkapkan pengaruh pembelajaran tersebut terhadap penalaran ilmiah. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran ADI (Argument-Driven Inquiry) for STEM education. Pembelajaran STEM dipilih karena sesuai dengan pembelajaran abad ke-21 dan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa STEM education dapat meningkatkan penalaran ilmiah siswa secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeskplorasi argumentasi dan penalaran ilmiah siswa sesudah penerapan pembelajaran ADI for STEM education. Mixed method dengan embedded experimental model digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa kelas X MIA MAN 2 Hulu Sungai Utara. Data kuantitatif dalam penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest sedangkan data kualitatif dengan wawancara dan observasi. Data kuantitatif yang merupakan nilai argumentasi dan penalaran ilmiah siswa dianalisis secara statistik dengan uji beda (wilcoxon) untuk mengetahui perbedaan argumentasi dan penalaran ilmiah siswa sebelum dan sesudah pembelajaran ADI for STEM education dan ukuran N-gain untuk mengetahui besarnya perubahan kedua variabel. Data kualitatif sebagai pendukung data kuantitatif dianalisis dengan melakukan pengkodean tematik dengan mengacu pada rubrik untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyusun argumentasi ilmiah dan strategi yang digunakan siswa ketika menggunakan penalaran ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang digunakan berpengaruh terhadap kedua jenis keterampilan ilmiah dalam diri siswa. Argumentasi dan penalaran ilmiah siswa meningkat secara signifikan setelah diterapkan pembelajaran argument-driven inquiry for STEM education. Peningkatan yang teridentifikasi dalam argumentasi ilmiah siswa yaitu dalam penggunaan bukti (evidence) dan justifikasi (reasoning) terhadap bukti yang dikemukakan untuk mendukung claim. Berdasarkan hasil wawancara peningkatan siswa dalam mengemukakan evidence dan reasoning dipengaruhi oleh faktor content familiarity siswa dimana siswa dapat berargumentasi ilmiah karena keakraban siswa dengan permasalahan setelah mengikuti serangkaian pembelajaran argument-driven inquiry for STEM education. Adapun peningkatan penalaran ilmiah tampak pada pola-pola penalaran korelasional probabilistik dan proporsional. Berdasarkan hasil wawancara siswa menggunakan strategi correlation pada penalaran korelasional strategi quantitative pada penalaran probabilistik dan strategi unit rate pada penalaran proporsional namun tidak dapat menggunakan informasi soal dengan baik. Jumlah tatap muka yang terbatas dalam penelitian ini menjadi pertimbangan perbaikan penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/137213 |
Actions (login required)
View Item |